Tips Membangun Layanan Digital Marketing Di Indonesia

Saat ini kita bisa mendapatkan uang dengan mudah seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini karena seiring dengan perkembangan zaman, terjadi perubahan perilaku, kebiasaan dan juga keseharian masyarakat di seluruh dunia termasuk juga di Indonesia. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari internet adalah dengan membuat layanan digital marketing.

Membuka layanan digital marketing saat ini tentu saja sangat menjanjikan, mengingat penggunaan internet di Indonesia yang semakin marak. Hampir semua masyarakat di Indonesia saat ini menggunakan internet setiap harinya, entah itu untuk kebutuhan sosial media, bermain game atau bekerja.

Apa Itu Layanan Digital Marketing?

layanan digital marketing

Sesuai dengan namanya, layanan digital marketing ini merupakan perusahaan atau perorangan yang menawarkan jasa untuk membantu proses pemasaran produk atau brand secara digital. Mulai dari bagaimana strategi yang akan digunakan, seperti apa nanti kontennya sampai dengan proses pengiklanan di dunia maya.

Jika kita membahas lebih dalam, layanan digital marketing ini mempunyai beberapa kategorinya masing-masing. ada yang memasarkannya melalui email, melalui search engine, melalui jasa pembuatan website hingga pembuatan aplikasi berbasis mobile.

Bagaimana Langkah Saya Jika Ingin Memulai Layanan Digital Marketing?

Nah sekarang anda sudah mulai mengerti apa itu yang dimaksud dengan layanan digital marketing kan? Tentu saja setelah anda mengetahui pengertian dari layanan digital marketing, terbesit di benak anda untuk membuat dan menawarkan jasa layanan digital marketing sendiri. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang harus anda lakukan sebagai pedoman untuk membangun layanan digital marketing.

Miliki Pengalaman Di Dunia Maya Dan Internet

Seperti yang kita ketahui, bahwa digital marketing ini adalah layanan yang membantu suatu brand atau jasa untuk memasarkan produk dari suatu perusahaan melalui media internet atau teknologi. Oleh sebab itu tentu saja anda harus mempunyai pengalaman yang cukup banyak di dunia maya dan internet.

Jangan sampai anda tidak paham apa-apa di dunia maya, namun sudah berani membuka layanan digital marketing. Karena sudah pasti pelanggan anda akan kecewa dengan layanan yang anda berikan.

Baca juga : bisnis digital advertising

Tentukan Kategori Layanan Digital Marketing

Seperti yang saya bahas di awal bahwa layanan digital marketing ini memiliki beberapa kategori-kategori atau niche. Nah untuk itu anda harus menentukan juga kategori layanan digital marketing yang akan anda tawarkan. Misalnya saja anda memiliki keahlian dalam bidang SEO, nah anda bisa menawarkan layanan digital marketing SEO kepada pelanggan atau client anda.

Apalagi jika anda memiliki kemampuan lainnya yang masih berkaitan dengan SEO, misalnya seperti pembuatan website. Nah karena antara website dan SEO ini memiliki hubungan erat maka anda dapatkan menawarkan dua kemampuan yang anda miliki ini dalam satu jasa layanan digital marketing.

Pilih Target Pasar

Selanjutnya setelah anda menentukan kategori layanan digital marketing yang anda buat, anda harus menentukan pula target pasar dari layanan yang akan anda buat tersebut. Usahakan dalam menentukan target pasar ini anda harus memilih target pasar secara luas, jadi harapannya anda bisa mendapatkan client atau pelanggan dari berbagai industri.

Dengan menargetkan client dari berbagai industri tentu saja anda bisa meraup pundi-pundi uang dan kekayaan dengan mudah dari berbagai macam industri yang klien anda miliki tersebut.

Tentukan Juga Model Bisnis

Berikutnya dalam membangun layanan digital marketing, tidak lupa juga bahwa anda harus menentukan model bisnis yang akan anda terapkan. Memilih model bisnis ini sangat penting untuk anda pikirkan secara matang-matang, hal ini karena model bisnis yang tepat akan membantu anda dalam menjalankan layanan digital marketing agar cepat berkembang.

Setidaknya ada beberapa model bisnis yang bisa anda jadikan referensi dalam memulai bisnis digital marketing. Berikut adalah beberapa model bisnis yang dapat anda jalankan.

Harga Yang Tetap

Sesuai dengan namanya, anda dapat menggunakan model bisnis ini dalam memulai layanan digital marketing. Misalnya anda mematok harga 3 juta untuk pembuatan 1 website, ditambah lagi layanan SEO sebesar 2 juta.
Model bisnis dengan harga tetap ini begitu populer di Indonesia karena kesederhanaan dan juga mudah untuk diterapkan. Pelanggan dan calon pelanggan anda juga tidak akan banyak tanya karena informasi terkait harga sudah jelas.

Sayangnya kekurangan dari model bisnis ini adalah karena siapa tau setiap orderan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, namun harga yang anda patok tetap sama.

Biaya Per Jam

Memang sepertinya model bisnis seperti ini jarang sekali kita temukan di Indonesia, namun di luar negeri model bisnis ini sangat populer. Jadi anda dapat memasang tarif per jam untuk jasa yang anda tawarkan.

Nantinya pelanggan dari jasa anda akan membayar sesuai dengan berapa jam atau waktu yang sudah anda habiskan untuk menyelesaikan orderan dari klien tersebut.

Buat Website Untuk Portfolio

Berikutnya agar layanan yang anda tawarkan tersebut dapat menarik pelanggan, tentu saja anda harus membuat wadah sebagai portfolio dari jasa-saja yang sudah pernah anda buat. Nah wadah untuk menampung portfolio jasa anda ini bisa menggunakan website.

Nah misalnya saja anda pernah menangani layanan digital marketing untuk perusahaan besar seperti Pocari Sweat, tentu saja anda dapat menambahkan portfolio seperti layanan digital marketing Pocari Sweat pada halaman website profile anda.

Semakin banyak portfolio yang anda miliki maka semakin tinggi juga tingkat kepercayaan anda di mata calon pelanggan atau calon klien anda. Itulah sebabnya kenapa anda harus memiliki tempat untuk menaruh portfolio entah itu di website maupun akun sosial media anda.

Baca juga : penjelasan digital marketing

Belajar Digital Marketing Dari Ahlinya

Terakhir agar layanan digital marketing yang anda miliki dapat semakin sempurna, tentu saja anda harus belajar digital marketing dari pakarnya. Nah salah satu pakar digital marketing yang sangat terkenal di Indonesia adalah digital marketing Denny Santoso.

Denny Santoso sendiri dikenal menjadi salah satu pakar dari digital Marketing serta entrepreneur Indonesia. Hal itu bermula dari dibuatnya PT Jaya Sportindo yang menjadi satu-satunya distributor dari suplemen fitness pertama Indonesia.

Membangun perusahaan PT Jaya Sportindo tentu saja tidak semudah yang kita bayangkan. Mungkin sekarang ini kita hanya tahu bagaimana nikmatnya menjadi seorang Denny Santoso. Namun kita tidak pernah tahu bagaimana susahnya, jatuh bangunnya seorang Denny Santoso hingga bisa sukses sampai sekarang ini.

Nah anda harus belajar Digital Marketing dari Denny Santoso dalam mengembangkan layanan yag anda miliki agar semakin sempurna dan mampu menarik minat pelanggan atau calon pelanggan dari layanan jasa anda tersebut.
Nah itulah beberapa tips membangun layanan digital marketing di Indonesia, semoga informasi yang saya berikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda.

Bagikan