Mengenal Digital Marketing Dan Bagaimana Metode Pemasaran Digital Marketing

Saat ini hadirnya digitalisasi zaman sudah mengubah konsep dan juga cara berbisnis dalam menjual dan juga memasarkan setiap produk yang dibuat oleh suatu perusahaan atau perorangan. Kali ini kita akan sama-sama belajar mengenal Digital Marketing yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda seorang marketer agar bisa lebih optimal dalam memasarkan suatu produk.

Dengan adanya perkembangan zaman serta teknologi yang sangat cepat tentu saja tidak mengherankan jika metode Digital Marketing ini banyak dilakukan oleh para marketing dalam langkah tepat memasarkan produk yang mengandalkan teknologi.

Mengenal Digital Marketing Lebih Jauh

mengenal digital marketing

Sesuai dengan namanya, Digital Marketing ini secara garis besar adalah aktivitas yang dilakukan oleh siapa saja di dunia maya yang bertujuan untuk menyebarluaskan suatu produk atau brand perusahaan tertentu agar bisa tercapai target pemasaran.

Dalam proses mempromosikan Digital Marketing ini menggunakan teknologi internet dan juga media digital seperti sosial media, website dan sebagainya.

Hal ini tentu saja selaras dengan apa yang terjadi saat ini, dimana teknologi sudah berhasil diterima oleh khalayak luas sehingga sangat wajar jika aktivitas untuk mempromosika suatu propduk atau brand menggunakan media digital dan internet ini menjadi opsi utama oleh beberapa perusahaan-perusahaan kecil hingga perusahaan dalam skala besar.

Karena banyak yang mengandalkan metode dan strategi Digital Marketing ini akibatnya menimbulkan suatu persaingan atau kompetisi dari setiap perusahaan dalam membuat konten yang menarik, kreatif dan inovatif untuk dipublikasikan ke dalam dunia maya atau dunia internet.

Fakta Digital Marketing : Kenapa Digital Marketing Layak Kita Coba?

Tentu saja anda akan bertanya-tanya kenapa banyak yang mengandalkan metode pemasaran digital marketing saat ini kan? Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, sebab dengan menggunakan strategi Digital Marketing ini mempunyai beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi strategi pemasaran paling ampuh dan efektif. Nah berikut dibawah ini sudah saya sajikan beberapa kelebihan dan alasan kenapa strategi Digital Marketing layak kita coba.

Mudah Dalam Melakukan Evaluasi

Tidak bisa kita pungkiri bahwa melalui media digital atau internet ini, strategi pemasaran yang kita lakukan bisa dengan mudah kita lakukan evaluasi. Hal ini karena hasil dari metode yang kita lakukan tersebut akan langsung ketahuan hasilnya, apakah manjur atau tidak.

Informasi perihal seberapa banyak orang yang mengklik iklan yang kita pasang, berapa orang yang sudah menonton, dan juga berapa persen orang yang kemudian memutuskan untuk membeli produk kita tersebut sudah bisa ketahuan hasilnya.

Nah, setelah kita mengetahui hasil dari metode pemasaran yang kita lakukan tersebut tentu saja kita bisa langsung melakukan evaluasi terkait mana iklan yang membawa impact positif, dan mana yang tidak. Dengan begitu, kita juga bisa melakukan perbaikan pada periode iklan berikutnya.

Baca juga : taktik digital marketing

Kecepatan Dalam Penyebaran Iklan

Saat ini internet bagaikan kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Ada jutaan orang di Indonesia mengakses internet setiap harinya, mulai dari usia remaja hingga orang dewasa. Bahkan setiap detiknya terjadi interaksi antar pengguna seperti saling berkomentar dan berbalas pesan di Facebook, Instagram hingga Twitter.

Nah oleh sebab itu tentu saja dapat kita simpulkan bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan metode Digital Marketing ini sangat cepat dan ampuh dalam penyebarannya. Kita bahkan bisa melihat secara real time data dari iklan yang kita pasang, tidak perlu menunggu beberapa hari atau beberapa jam.

Jangkauan Yang Sangat Luas Dengan Biaya Yang Lebih Hemat

Alasan berikutnya kenapa strategi pemasaran Digital Marketing ini sangat efektif adalah karena jangkauan yang sangat luas. Kita bahkan hanya membutuhkan beberapa langkah saja untuk memasarkan produk yang ingin kita iklankan tersebar ke seluruh penjuru dunia maya.

Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan metode pemasaran zaman dulu, dimana kita harus mencetak reklame atau poster, memasangnya di tempat-tempat yang strategis namun hanya orang-orang tertentu saja yang akan melihat atau notice poster iklan yang sudah kalian cetak.

Selain langkah yang mudah serta cepat, biaya untuk melakukan pemasaran melalui media digital ini juga sangat hemat. Bahkan menurut data dari Gartner’s Digital, dengan melakukan metode pemasaran Digital Marketing ini kita dapat menghemat biaya atau anggaran pemasaran hingga 40% loh jika dibandingkan dengan menggunakan cara klasik.

Membantu Membangun Image Suatu Brand

Fakta digital marketing yang terakhir adalah Digital Marketing ini mempengaruhi proses kita dalam membangun karakter atau image dari suatu Brand. Paslalnya keberadaan dari dunia maya memiliki kaitan yang sangat erat dengan identitas dari brand tertentu.

Oleh sebab itu, sebelum kita memulai untuk memasarkan produk atau brand yang kita miliki ada baiknya kita harus membuat konten semenarik mungkin, hal ini bertujuan agar orang-orang mudah notice dan mengingat produk kita saat ingin melakukan pencarian online.

Bagaimana Langkah Memulai Digital Marketing

Nah setelah kita sama-sama mengenal Digital Marketing, saya sudah bisa pastikan jika anda akan langsung tertarik untuk mempraktikkannya. Untuk itu, agar kalian dapat memulai memakai metode Digital Marketing sebagai media pemasaran, ada beberapa hal yang harus kalian lakukan. Untuk itu berikut adalah beberapa langkah-langkah untuk melakukan Digital Marketing.

Langkah Awal

Dalam langkah awal untuk memulai strategi Digital Marketing ini tentu saja kita membutuhkan persiapan seperti menyiapkan konten, akun sosial media atau website yang akan kita jadikan sebagai wadah dalam mempromosikan produk atau brand yang kita miliki. Baik akun sosial media maupun website ini merupakan hal yang wajib kalian miliki karena menjadi pondasi dari langkah awal untuk membangun Digital Marketing.

Baca juga : usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil

Siapkan Konten Pemasaran

Selanjutnya anda harus menyiapkan konten yang menarik perhatian seperti foto atau video yang menarik dan yang pastinya harus shareable. Anda juga harus menentukan target atau pasar yang anda tuju agar konten yang anda buat tersebut dapat disesuaikan dengan market.

Misalnya saja anda ingin menjual suatu produk atau brand dengan target pasar kaum milenial, tentu saja anda juga harus dapat menyesuaikan konten yang akan anda publish ke dunia maya tersebut sesuai dengan apa yang cocok dengan kaum milenial.

Proses Evaluasi Pemasaran

Nah setelah Anda sudah selesai dalam menyiapkan konten yang akan dibagikan, tentu saja anda perlu melakukan evaluasi terhadap iklan yang anda pasang tadi apakah sudah sempurna atau belum. Tentu saja evaluasi ini sangat penting dan harus dilakukan sebab akan membawa dampak untuk kemajuan produk serta pemasaran kita kedepannya.

Nah sekarang kalian sudah mengenal Digital Marketing serta bagaimana proses strategi Digital Marketing yang harus dilakukan supaya hasil yang kita terima bisa optimal dalam memasarkan produk atau suatu brand, semoga informasi yang saya berikan kali ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengenal Digital Marketing lebih dalam

Bagikan
RajaBackLink.com