8 Kesalahan dalam Melakukan Digital Marketing

Di zaman yang modern seperti sekarang, manusia dituntut untuk mengikuti zaman. Terutama bagi yang memiliki usaha atau perusahaan, wajib hukumnya untuk memperhatikan pamasaran atau yang sering disebut marketing. Namun, ada kesalahan dalam melakukan digital marketing yang kerap dilakukan pebisnis.

Inilah 8 Kesalahan dalam Melakukan Digital Marketing

Sebelum menerapkan digital marketing, alangkah baiknya jika Anda mengetahui kesalahan apa saja yang sering dilakukan. Inilah 8 kesalahan yang sering dilakukan:

  1. Kurang Mengerti Calon Konsumen

Sebelum membuat sebuah iklan, seharusnya seorang digital marketer memahami usaha atau perusahaan. Mulai dari apa targetnya, bagaimana produk atau jasa yang dijual, bagaimana service yang diberikan kepada konsumen luas. Juga apa yang sedang trend di tengah masyarakat.

Memperhatikan kebutuhan pasar yang sedang digandrungi oleh masyarakat juga perlu. Ideliasme juga penting dalam berbisnis, namun produk atau jasa yang ditawarkan harus menyesuaikan dengan audiens, apa kesukaannya, apa saja kebutuhannya serta apa yang lagi in di kalangan audiens.

  1. Tidak Tepatnya Strategi

Atur strategi atau perencanaan merupakan langkah awal penentu sebuah bisnis. Semaksimal mungkin harus disesuaikan dengan daya tarik konsumen saat ini. Di era sekarang yang serba digital, mengemas iklan harus menarik sehingga siapapun yang melihat iklan tersebut menjadi tertarik.

Terkadang karena bertekad untuk mendapatkan cangkupan konsumen banyak, marketer sering mengabaikan dan random dalam memilih target pasar. Sehingga anilisa dari proses digital marketing produk Anda ke audiens agak sulit dijangkau.

  1. Tidak Memperhatikan Copywriting

Digital marketing sangat berkaitan dengan konten. Entah konten desain atau konten video. Figure sebuah copywriting sangat menentukan, harus berisi tentang pesan dan kesan tersendiri kepada para audiens atau calon konsumen sehingga mereka tertarik membeli produk Anda dengan mudah.

  1. Website yang Kurang Menarik

Ketika konsumen ingin mengetahui produk Anda. Hal pertama yang dilakukan pasti mencari tahu produk di mesin pencarian. Sehingga dapat dikatakan halaman website merupakan “face” dari bisnis Anda. Sehingga website harus, rapi, berisi padat dan jelas, navigasi website yang dibuat tidak rumit dan informatif bagi pembaca.

Website yang tidak lengkap misalnya tidak mencantumkan informasi kontak, identitas usaha atau perusahan termasuk alamat. Sebaiknya dicantumkan alamat email perusahaan sehingga memudahkan konsumen menyampaikan kritik, saran dan pertanyaan.

  1. Iklan dan Landing Page Tidak Cocok

Kesalahan marketing yang satu ini sangat mempengaruhi reputasi. Misalnya ketika Anda sedang mencari smartphone yang bagus dan murah di Google. Lalu klik sponsor yang ada, tetapi Anda malah diarahkan ke website yang berisi tentang tablet dengan harga mahal.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi di bisnis Anda, analisa lagi elemen-elemen yang Anda tampilkan di land page. Isi land page harus cocok sesuai dengan iklan yang terpasang di Google, Instagram, Facebook dan sebagainya.

  1. Kinerja Digital Marketing yang Tidak Terpantau

Manfaat menggunakan digital marketing tidak hanya dalam promosi, namun dari juga dapat mengukur seberapa banyak audiens yang telah mengunjungi website atau mengetik iklan di kolom pencarian. Dari situ, Anda dapat melihat seberapa sadarkah audiens terhadap brand tersebut.

Seharusnya kinerja digital marketing terus dipantau untuk melihat seberapa jauh pengaruh yang sudah dilakukan. Sudah memenuhi target dan tujuan atau belum.

  1. Tidak Mengoptimalkan Penggunaan Sosial Media

Mengabaikan kritik dan saran konsumen tentang layanan usaha atau perusahaan Anda dilaman ulasan kolom komentar adalah kesalahan dalam digital markting. Jika berisi kritikan bagus, dapat menarik lebih banyak konsumen. Namun jika berisi respon negatif, akan merusak reputasi perusahaan Anda.

Membeli followers atau likes palsu juga akan merusak nama baik perusahaan Anda. Konsumen akan berpikir dua kali untuk membeli produk Anda karena mengetahui hal tersebut. Sehingga, hindari hal-hal yang membuat konsumen sulit untuk percaya dengan produk yang dijual.

Itulah 8 kesalahan dalam melakukan digital marketing yang sering terjadi. Anda sebagai pelaku bisnis tentunya harus mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut sehingga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses digital marketing dan sebagai pertimbangan.

Bagikan
RajaBackLink.com