Mengenal Bisnis Digital Advertising Yang Sedang Trend Saat Ini

Seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi saat ini tentu saja menuntut setiap perusahaan harus dapat beradaptasi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman tersebut. Jika perusahaan tidak bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman maka jarak antara mereka dengan konsumen akan jauh, bahkan bisa-bisa perusahaan terancam bangkrut. Salah satu perkembangan zaman tersebut adalah menerapkan bisnis digital Advertising.

Semakin tingginya penggunaan internet di Indonesia seperti penggunaan sosial media tentu saja memaksa setiap perusahaan harus beradaptasi dan mulai meninggalkan cara konvensional dalam menjalankan bisnis mereka, menjalani bisnis digital Advertising adalah solusi dari itu semua.

Bisnis Digital Advertising : Apa Itu?

bisnis digital advertising

Digital Advertising sejatinya merupakan teknik pemasaran digital yang dilakukan oleh marketing atau perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan internet yang ada, dimana tujuan dari digital advertising ini adalah agar bisa menjangkau pelanggan baru yang jauh lebih tertarget dengan cepat.

Berbeda dengan cara konvensional misalnya seperti metode pemasangan iklan reklame di sudut-sudut kota yang kita tidak dapat menargetkan untuk siapa iklan tersebut dituju, dengan menggunakan digital Advertising ini kita jadi lebih bisa mengerucutkan target pasar yang ingin kita capai.

Hal ini karena saat kita memasang iklan berupa Digital Advertising di internet, iklan-iklan tersebut hanya akan tampil dan dilihat oleh target market kita, misalnya ada iklan pinjaman online yang hanya akan muncul untuk orang-orang yang dalam riwayat pencariannya mencari aplikasi pinjaman online.

Kini bisnis Digital Advertising tidak hanya dapat dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar saja yang memiliki modal besar, namun saat ini siapa saja sudah dapat menjalani bisnis Digital Advertising ini karena dengan modal kecil saja dan beberapa langkah kita sudah bisa melakukan digital advertising.

Jenis-Jenis Digital Advertising Yang Bisa Digunakan Untuk Mengoptimalkan Pemasaran Produk

Seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi saat ini, Digital Advertising juga mengalami perkembangan dari jenis-jenis atau tipenya. Karena memiliki banyak jenis, tentu saja akan lebih baik jika kalian mengetahui apa saja sih jenis-jenis metode Digital Advertising agar kalian dapat menyesuaikan dengan produk serta modal yang kalian miliki.

Baca juga : penjelasan digital marketing

Social Media Marketing

Jenis Digital Advertising yang pertama adalah Social Media Marketing atau SEM. Social media marketing ini sesuai dengan namanya, dimana kita akan memasang iklan dan iklan yang kita pasang tersebut hanya akan tampil di beberapa platform sosial media seperti Instagram, Facebook dan sosial media lainnya.

Metode Social Media Marketing ini sangat cocok untuk kita gunakan serta andalkan karena bisa meraih jangkauan tayangan iklan yang sangat luas dan lebih tertarget. Hal ini karena pemilik sosial media tentu saja mempunyai database yang berisi informasi terkait akun-akun sosial media di seluruh dunia.

Tentu saja anda pernah melihat iklan barang-barang yang anda inginkan di akun sosial media kalian kan? Misalnya saja anda sedang ingin mencari jaket kulit, dan sudah melakukan pencarian terkait jaket kulit di platform toko online. Maka jangan heran jika di akun sosial media anda akan muncul iklan produk jaket kulit. Hal ini karena pemilik sosial media memiliki database tentang aktivitas anda.

Search Engine Marketing

Berikutnya ada metode Search Engine Marketing yang merupakan jenis iklan yang hanya akan muncul jika anda menggunakan mesin pencari atau Search Engine. Misalnya saja anda sedang melakukan pencarian terkait pipa di Google, anda akan melihat produk-produk iklan dari pipa di hasil pencarian teratas, nah itulah yang disebut dengan nama Search Engine Marketing.

Anda dapat menggunakan metode seperti ini dengan menggunakan jasa atau layanan Google Ads. Misalnya saja anda ingin mengiklankan produk pakaian yang anda miliki, apabila ada pengguna Google yang sedang mencari kata kunci pakaian di Google maka iklan anda akan tampil di hasil teratas pencarian.

Dengan begitu, anda tidak perlu lagi memikirkan SEO atau Search Engine Optimization lagi karena website yang anda miliki akan tetap tampil di hasil pencarian teratas serta pertama dari Google. Namun tentu saja agar tetap bisa bertahan, anda harus membayarkan sejumlah uang untuk biaya layanan kepada Google.

Tips Melakukan Digital Marketing Kuliner 2021

Ilmu digital marketing ini tidak hanya bisa kita dapatkan dengan menempuh jalur pendidikan saja, namun kita juga bisa mendapatkan ilmu digital marketing dari kampus-kampus terkenal seperti ilmu digital marketing Binus yang terkenal tersebut dengan memanfaatkan teknologi dan juga Search Engine yang ada saat ini.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada anda terkait informasi tips digital marketing kuliner 2021 yang pastinya akan sangat ampuh untuk anda coba dalam menjalankan serta memasarkan bisnis kuliner yang anda miliki tersebut. Berikut adalah beberapa tips digital marketing kuliner 2021.

Memanfaatkan Platform Sosial Media Yang Ada

Salah satu tips untuk sukses dalam menjalankan digital marketing kuliner adalah dengan memanfaatkan platform sosial media yang ada. Misalnya untuk anda yang memiliki facebook, anda dapat memasarkan produk kuliner atau makanan yang anda miliki tersebut ke forum jual beli atau FJB Facebook seperti grup domisili anda, agar setiap orang yang berada di grup facebook tersebut melihat iklan yang anda pasang dan harapannya tentu saja membeli produk anda.

Atau anda juga bisa memanfaatkan Instagram untuk memasarkan produk yang anda miliki. Misalnya saja anda membuat akun Instagram terkait bisnis kuliner yang anda jalani. Salah satu tips sukses memasarkan produk di instagram adalah membuat profil yang menarik dan caption yang menarik pula. Untuk itu dibutuhkan ide dan kreatifitas yang tinggi.

Jika anda sudah berhasil menguasai dan memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produk yang anda miliki tersebut, niscaya anda tidak perlu lagi repot-repot mencari pelanggan, namun pelanggan yang akan mencari anda.

Baca juga : mengenal digital marketing

Manfaatkan Fitur Delivery Makanan Online

Saat ini fenomena ojek online sudah marak terjadi di Indonesia. Namun bukan hanya ojek online saja yang digunakan oleh masyarakat Indonesia, melainkan kita juga dapat memesan makanan secara online untuk diantarkan oleh ojek online tersebut.

Namun jika anda selaku pemilik usaha makanan atau kuliner, tentu saja anda harus dapat memanfaatkan layanan fitur delivery makanan online tersebut untuk memasarkan produk anda. Misalnya seperti Gojek atau Grab, anda bisa mendaftarkan toko makanan yang anda miliki tersebut agar bergabung dengan Go-food atau Grabfood guna menarik pelanggan dari Grab atau Gojek.

Salah satu keunggulan layanan delivery makanan online ini adalah anda tidak perlu repot-repot mengantarkan makanan yang anda buat,melainkan driver dari aplikasi ojek online tersebutlah yang akan mengantarkannya. Bagaimana? Efektif dan menguntungkan kan?

Bagikan
RajaBackLink.com