5 Tips Menabung yang Sebaiknya Anda Terapkan, Dijamin Berhasil!

Sudah sejak kecil kita diajarkan tips menabung oleh orang tua maupun guru-guru di sekolah. Kerap kali kita juga diingatkan tentang manfaat dari memiliki tabungan pribadi, terutama jika ada kondisi darurat yang mengharuskan kita untuk mendapatkan uang dengan cepat. Tapi meski sudah ada sosialisasi tentang pentingnya menabung, tak banyak yang mengindahkan hal ini dan masih saja banyak yang mengabaikannya.

Dalam hidup kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, sehingga mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik akan sangat membantu, khususnya dalam hal finansial. Zaman semakin modern, kebutuhan pun menjadi semakin banyak dan semakin mahal. Dengan memiliki tabungan, setidaknya kita masih memiliki harapan apabila rencana ke depan tidak sesuai dengan perkiraan.

Tips Menabung yang Benar Agar Berhasil

tips menabung 1
Gambar via Pixabay

Kebiasaan menabung memang sangat sulit dilakukan, tapi jika tak dipaksakan maka tidak ada yang bisa diharapkan untuk ke depannya. Oleh karena itu, Anda harus segera mulai dari sekarang dan langkah paling awal ialah dengan mengikuti atau menerapkan beberapa tips yang ada di bawah ini.

Niat dan Menentukan Tujuan Menabung

tips menabung 2
Gambar via Pixabay

Kadang kala saat menabung Anda mungkin akan tergiur untuk selalu mengambilnya, ini merupakan suatu masalah yang membuat sebagian besar orang gagal. Anda harus meniatkan diri sejak awal tentang apa tujuan dari memiliki tabungan. Bisa juga dengan memberikan catatan tertulis di celengan, misalnya saja ingin menabung untuk membeli rumah, modal pernikahan, membuka usaha dan macam-macam lainnya.

Dengan menuliskan dan mengingat kembali tujuan awal Anda menabung, maka keinginan untuk mengambil uang tersebut mungkin bisa dihindari. Meski di awal memulai membutuhkan fokus yang baik agar tidak selalu tergoda, tapi setidaknya Anda sudah berusaha dengan keras agar bisa berhasil melakukannya.

Mengikuti Fasilitas Tabungan Auto Debit di Bank

tips menabung 3
Gambar via Pixabay

Biasanya saat sudah memiliki tabungan, Anda kemungkinan akan tergiur untuk menarik semua uang yang ada untuk keperluan yang sifatnya sama sekali tidak mendesak. Hal ini sangat lumrah terjadi, tapi tentunya tidak bisa dibiarkan terus-menerus. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan fasilitas auto debit atau tabungan berjangka yang diberikan oleh berbagai bank di Indonesia.

Dengan fasilitas auto debit ini, maka kemungkinan Anda menarik tunai uang tabungan sangatlah tidak mungkin. Sebab, perjanjian dengan pihak bank dana hanya akan dicairkan sesuai dengan nominal dan juga jangka waktu yang telah ditentukan. Jadinya, Anda tidak bisa melanggarnya, dan seringnya pihak bank pun akan menerapkan denda atau mungkin sanksi untuk hal semacam ini, tergantung dengan syarat dan ketentuannya.

Baca juga : levidio motion pro

Menyiapkan Rekening Khusus Sebagai Tempat Menabung

tips menabung 4
Gambar via Pixabay

Tips menabung lainnya adalah penting untuk Anda ingat bahwa jangan pernah mencampur uang pengeluaran sehari-hari dengan uang yang digunakan untuk tabungan dalam 1 rekening. Ada baiknya menggunakan rekening terpisah hanya khusus untuk menabung, bahkan bila perlu Anda menggunakan fasilitas rekening tanpa kartu ATM.

Sehingga tidak bisa menarik tunai uang tabungan seenaknya saja untuk kebutuhan yang sebenarnya kurang penting. Anda pun tinggal mencari bank terpercaya yang menyediakan fasilitas pembuatan rekening tanpa kartu ATM ini.

Menyisihkan Penghasilan Ekstra

tips menabung 5
Gambar via Pixabay

Mungkin Anda juga melakukan kerja part time di luar pekerjaan asli Anda, atau mungkin Anda juga sering mendapatkan bonus karena kinerja yang bagus. Jangan menyia-nyiakan pendapatan ekstra ini untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.

Ada baiknya Anda memasukkan uang tersebut dalam tabungan, atau setidaknya menyisihkan 20-30 persen dari total pendapatan ekstra yang Anda hasilkan. Kemudian Anda bisa memakai sisanya untuk keperluan pribadi sehari-hari.

Mencoba Investasi

tips menabung 6
Gambar via Pixabay

Investasi saat ini sangat lumrah dilakukan oleh siapapun, bahkan anak remaja juga bisa melakukannya dengan mudah. Apalagi modal untuk investasi nominalnya sangat terjangkau di era modern ini. Anda jadi bisa mengoptimalkan tabungan dan membuat dana Anda semakin berkembang melalui bunga investasi yang Anda dapatkan.

Namun, banyaknya ragam investasi saat ini jangan sampai membuat Anda memilih secara sembarangan. Karena jika tidak dipikirkan dengan cermat akan membuat rugi di kemudian hari. Anda harus menentukan dulu beberapa hal seperti misalnya tujuan investasi, jangka waktu investasi, dan macam-macam lainnya.

Kembangkan Dana Tabungan dengan P2P Lending Akseleran

tips menabung 7
Gambar via Pixabay

Teknologi finansial kini sudah sangat berkembang dan Anda bisa melakukan investasi di manapun serta kapanpun yang Anda inginkan. Anda bisa mencoba menyisihkan sedikit dana tabungan agar bisa berkembang dengan cara investasi, pastinya sebagai rekomendasi Anda bisa mencoba investasi pada P2P Lending Akseleran.

Sebagai platform fintech yang menghubungkan antara pemberi pinjaman dan juga peminjam, Akseleran bisa membantu Anda terutama karena prosesnya sangat mudah dan juga cepat. Ada beberapa keuntungan dari menggunakan Akseleran, yakni Anda bisa memulai dari modal yang sangat terjangkau yaitu hanya 100 ribuan saja.

Setidaknya tips dalam investasi ialah jangan mengeluarkan modal terlalu banyak di awal memulai, Anda harus menggunakan modal secara bertahap dari nominal terkecil dan melihat apakah bisa berhasil atau tidak. Di Akseleran Anda bisa memberikan pinjaman terhadap kampanye UKM yang tertera di website, kemudian untuk imbal hasilnya sendiri Anda bisa memperoleh sekitar 21 persen per tahunnya.

Jangan khawatir jika Anda akan tertipu, karena Akseleran sudah resmi dan  berizin OJK, sehingga segala aktivitas keuangannya diawasi oleh lembaga tersebut. Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para pemberi pinjaman, Akseleran juga telah melengkapi sistemnya dengan asuransi dan juga agunan, membuat Anda tidak perlu cemas jika ada risiko gagal bayar. Sebab, dana yang Anda masukkan akan dilindungi oleh pihak asuransi tersebut.

Baca juga : hosting murah

Bagaimana Langkah Memberi Pinjaman di Akseleran?

tips menabung
Gambar via akseleran.co.id

Langkah untuk memberikan pinjaman sangatlah mudah, Anda tinggal mendaftar, kemudian memilih kampanye UKM mana yang akan didanai, beri pinjaman dan tunggu prosesnya hingga selesai. Untuk mendaftar, Anda harus memasukkan data pribadi seperti misalnya KTP, NPWP, nomor rekening bank dan data lain yang kemungkinan dibutuhkan. Proses verifikasi pendaftaran biasanya memerlukan waktu kurang lebih hingga 24 jam, sehingga Anda harus cukup bersabar menunggunya.

Sebelum memutuskan untuk memberikan pinjaman, Anda sebaiknya mempelajari dulu risiko, portofolio UKM yang akan didanai dan hal-hal lain untuk meminimalisir adanya kerugian. Akseleran juga menyediakan fitur Auto Lending yang dapat mempermudah Anda dalam memberikan pinjaman dengan cara otomatis.

Sebagai P2P Lending terpercaya, Akseleran telah memiliki tim berpengalaman yang bisa membantu Anda dalam memberikan pinjaman maupun mengajukan pinjaman. Prosesnya cepat, bahkan Anda bisa mengunduh aplikasinya langsung di Google Play Store demi kenyamanan dan kemudahan Anda.

Menerapkan tips menabung di atas memang tidak mudah, tapi Anda harus konsisten melakukannya apabila ingin berhasil mencapai tujuan. Mengembangkan dana tabungan sebagai investasi tak ada salahnya, tapi Anda harus mempelajari seluk beluk investasi dengan baik terlebih dahulu sebelum memulainya. Karena meski teorinya terlihat mudah, tapi praktiknya cukup rumit dilakukan.

Bagikan
RajaBackLink.com