6 Langkah Mengatasi Laptop Lemot Paling Mudah dan Ampuh

Langkah Mengatasi Laptop Lemot – Di zaman semacam ini laptop jadi barang penting yang dipakai untuk keperluan sekolah atau pekerjaan. Tetapi, bagaimana jadi bila saat digunakan laptop malah lemot? Sudah pasti kamu membutuhkan info berkaitan langkah mengatasi laptop lemot.

Lemotnya laptop tentunya akan menghalangi pekerjaan dan beberapa tugas kamu, yang semestinya bisa usai on time. Oleh karena itu, susuri pemicu lemotnya laptop dan tangani masalahnya selekasnya.

6 Langkah Mengatasi Laptop Lemot Paling Mudah dan Ampuh

Jalan keluar untuk laptop lemot sesungguhnya dapat didapat dari persoalan yang dirasakan. Persoalan itu benar-benar beragam. Misalkan, hardisk penuh, kemampuan RAM kecil, jarang-jarang update Windows, malware beresiko, banyak program terinstall, sampai banyak program berjalan di startup.

 Mengatasi Laptop Lemot Sebab Hardisk Penuh

Hardisk yang telah terlalu penuh biasanya dapat mengakibatkan performa laptop jadi lemot, terutamanya hardisk C. Kamu harus tahu jika OS membutuhkan besaran kemampuan tertentu, hingga dapat lakukan pekerjaannya secara baik. Lantas, bagaimana jalan keluar lemotnya laptop sebab hardisk penuh?

Hapus Arsip dalam Folder Prefetch

Hapus Arsip dalam Folder Prefetch Untuk mengatasi laptop lemot sebab hardisk penuh, karena itu coba hapus arsip lebih dulu pada folder ‘Prefetch’. Langkahnya:

  • Ketok dan tahan secara bertepatan gabungan tombol ‘Windows’ + ‘R’.
  • Nantikan sesaat sampai tampil pemberitahuan, selanjutnya tulis keyword ‘Prefetch’ dan ketok ‘Enter’ pada keyboard.
  • Sesudah tampil penampilan folder ‘Prefetch’ selanjutnya ketok tombol gabungan ‘Ctrl’ + ‘A’.
  • Teruskan dengan mengetok tombol gabungan ‘Ctrl’ + ‘D’. Dengan begitu, karena itu arsip itu akan pupus dari dalam folder Prefetch.

Hapus Arsip dalam Folder Temp

Hapus Arsip dalam Folder Temp Sesudah meniadakan arsip di folder awalnya, karena itu kamu langsung bisa meniadakan arsip yang ada di folder ‘Temp’. Langkah menghapusnya hampir serupa dengan meniadakan arsip pada folder ‘Prefetch’, yaitu:

  • Ketok bertepatan dan tahan gabungan tombol ‘Windows’ + ‘R’.
  • Teruskan dengan menulis code ‘%temp%’ pada kolom yang ada dan ketok ‘Ok’.
  • Sesaat berlalu kamu akan dibawa ke folder itu dan kembali pencet gabungan tombol ‘Ctrl’ + ‘A’.
  • Langsung ketok gabungan tombol ‘Ctrl’ + ‘D’.
  • Check hardisk C pasti jadi tidak full seperti awalnya.

 Mengatasi Lemotnya Laptop Sebab RAM kecil

Ukuran RAM yang kecil pasti dapat mengakibatkan laptop lemot. Ditambah saat kamu kerap buka program yang lumayan banyak pada sebuah waktu. Tentu saja RAM akan kekurangan kemampuannya dan bisa memengaruhi perform laptop kamu. Kalau sudah ini, bagaimana jalan keluarnya?

Upgrade RAM

Upgrade RAM Umumnya pabrikasi laptop akan memberi kemampuan RAM yang sekitar di antara 2 sampai 4GB. Walau sebenarnya, tahukah kamu jika untuk jalankan beberapa software, sebuah laptop membutuhkan kemampuan RAM sampai 8GB?

Beberapa laptop sekarang ini telah sediakan slot khusus dual-channel. Nanti dual-channel ini bisa dipakai untuk menambahkan besaran kemampuan RAM laptop kamu. Yakinkan laptop kamu dapat untuk upgrade RAM.

Membersihkan RAM

Membersihkan RAM Jika tidak mungkin untuk menambahkan slot RAM, karena itu langkah mengatasi laptop lemot sebab kemampuan RAM minim adalah dengan membersihkannya. Kamu bisa bersihkan RAM dengan scanning virus, install ulangi laptop, lakukan disable program startup laptop, sampai servis Windows.

Jika memang perlu hapus beberapa program yang kira-kira tidak penting. Turunkan visual effect pada penampilan Windows kamu untuk performa laptop supaya kembali lancar. Janganlah lupa gunakan selalu program RAM cleaner, supaya bisa bersihkan RAM dengan cepat dan ringkas.

Jalan keluar Laptop Lemot sebab Jarang-jarang Update Windows

Cintai laptop kamu supaya tetap dipakai seperti umumnya. Diantaranya dengan rajin mengupdate Windows. Bila tidak, pasti cuman akan jadikan laptop lemot. Oleh karena itu, jika laptop kamu ada pada keadaan ini, seharusnya kerjakan hal berikut ini:

  • Masuk di menu ‘Settings’ pada laptop kamu.
  • Kemudian, mencari dan click opsi ‘Update dan Security’.
  • Seterusnya di bagian ‘Windows Update’ kamu bisa mengetok pilihan ‘Check for Updates’.
  • Nantikan beberapa saat sampai proses unduhan patch terkini usai dilaksanakan.
  • Jika sudah usai, karena itu selanjutnya akan diteruskan secara automatis dengan proses instalasi.
  • Tunggu hingga proses itu betul-betul usai.

Jalan keluar Lemotnya Laptop Sebab Malware Beresiko

Lemotnya laptop dapat disebabkan karena ada malware beresiko. Malware memang memiliki sifat menghancurkan dan jika didiamkan demikian saja, karena itu minimal akan mengakibatkan menyusutnya perform laptop. Parahnya malware dapat menghancurkan file sistem yang lain. Bagaimana jalan keluarnya?

Persiapkan Anti Virus Terbaik

Persiapkan Anti Virus Terbaik Saat sebelum hal itu terjadi, sebaiknya kamu mempersiapkan anti virus terbaik yang dapat diinstal pada laptop itu. Beberapa opsi anti virus yang bisa kamu instal pada laptop kamu salah satunya ialah:

  • AVG
  • Avast Free Antivirus Avira Free Antivirus
  • Panda Free Antivirus
  • 360 Keseluruhan Antivirus dan yang lain.

Install Ulang

Install Ulangi Jika laptop kamu sudah terburu terserang malware beresiko, karena itu seharusnya kerjakan install ulangi saja. Ini ialah opsi terbaik bila kamu masih ingin laptop kembali dapat mempunyai perform baik. Kerjakan selekasnya saat sebelum telat. Untuk install ulangi, kamu bisa ke tempat reparasi laptop paling dekat.

Jalan keluar Laptop Lemot Sebab Banyak Program

Perlu kamu ketahui jika lemotnya laptop rupanya bisa dikarenakan oleh jumlahnya instalan program. Tidak seluruhnya laptop pasti kuat dengan program yang banyak. Juga penting untuk waspada program yang terinstall di laptop kamu. Bisa saja malah jadi malware beresiko. Lantas, apa jalan keluarnya?

Turunkan Program Version

Turunkan Program Jika laptop mempunyai perform yang bisa disebutkan telat, karena itu seharusnya mulai untuk kurangi program yang dibuka. Ditambah program-aplikasi memiliki ukuran besar yang tidak demikian dibutuhkan. Jika detail laptop kamu masih standard, jauhi meng-install program yang terlalu berlebih.

Hapus Program

Hapus Program Jalan keluar lain dari lemotnya laptop sebab banyak program adalah dengan meniadakan sebagian dari program itu. Langkah meniadakan program dari laptop relatif mudah dan bisa dilaksanakan oleh kamu sendiri saat ini. Jalannya:

  • Membuka lebih dulu opsi menu ‘Control Panel’, selanjutnya dapatkan pilihan ‘Uninstall Program’ dan click untuk masuk di jendela itu.
  • Dapatkan program yang mana ingin kamu hapus.
  • Selanjutnya click program itu dan tentukan ‘Uninstall’.

Mengatasi Laptop Lemot sebab Banyak Program Berjalan di Startup

Kecuali jumlahnya instalan program di laptop, beberapa program yang berjalan terlalu berlebih di startup dapat mengakibatkan laptop lemot. Semakin banyak program yang digerakkan di startup pasti jadikan proses multitasking di laptop semakin berat. Lantas, seperti apakah jalan keluar terbaik?

  • Pada halaman khusus laptop kamu, ketok dan tahan sesaat gabungan tombol ‘Windows’ + ‘R’.
  • Sesudahnya, pada kolom ada tuliskan ‘msconfig’. Teruskan dengan mengetok opsi ‘Ok’ atau click ‘Enter’ pada keyboard laptop.
  • Selanjutnya di bagian jendela ‘System Configuration’ tentukan pilihan ‘Startup’.
  • Click kanan di bagian program yang mana akan tidak diaktifkan dari sisi ‘Startup’, selanjutnya tentukan ‘Disable’.
  • Karena itu program yang berjalan pada bagian ‘Startup’ akan berhenti.

Ternyata ada beberapa langkah mengatasi laptop lemot yang bisa kamu kerjakan. Janganlah lupa ketahui lebih dulu apa sesungguhnya pemicu khusus lemotnya laptop kamu. Tidak boleh ceroboh dengan mengantarnya langsung ke tempat servis. Mungkin kamu malah dapat melakukan perbaikan sendiri.

Bagikan
RajaBackLink.com