Cara Membuat Contoh Surat Lamaran Kerja beserta Tipsnya!

Bagi siapapun Anda yang sedang ingin bekerja, tentunya contoh surat lamaran kerja menjadi elemen penting untuk menunjang proses administrasi dan kelangsungan hidup Anda.

Dalam praktiknya, Anda perlu melakukan proses pembuatan CV dan surat lamaran kerja milik Anda sendiri. Apabila belum pernah membuatnya, sekali-kali coba membuatnya deh.

Surat lamaran kerja menjadi sebuah hal penting yang disorot oleh perusahaan yang akan Anda lamar nantinya.

Hal ini karena surat lamaran kerja mengandung beberapa unsur penting seperti data diri, riwayat hidup, hingga Ijazah Anda.

Nah banyak keuntungan yang bisa didapatkan setelah membuat surat lamaran kerja, terlebih lagi bisa memberikan dampak kehidupan Anda setelahnya.

Oleh karena itu, kami memberikan beberapa cara membuat surat lamaran kerja yang bisa Anda contoh. Mari ikuti step dengan urut ya.

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

contoh surat lamaran kerja

Cara membuat surat lamaran kerja sebenarnya gampang-gampang susah jika sudah mempunyai beberapa contoh atau template yang ada.

Tapi kalau sudah ada contoh surat lamaran kerja jangan dianggap sangat mudah untuk dibuat, Anda perlu menguasai beberapa tips untuk membuat surat lamaran kerja yang baik agar mudah diterima dan siap bekerja.

Untuk itu, dalam artikel ini Anda akan menemukan beberapa cara membuat surat lamaran kerja yang baik. Yuk simak beberapa cara sebagai berikut:

Buat Judul, Tanggal Dan Tujuan Surat

Pertama buatlah dulu judul “Surat Lamaran Kerja” kemudian tanggal disebelah kanan surat, dan tujuan surat di sebelah kiri surat. Anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja berikut ini untuk penulisan tujuan surat :

Kepada Yth.                                                                                             Semarang, 20 Juli 2021

Pimpinan PT. Digital Harapan Media Tbk

Semarang

Cantumkan Biodata Diri dengan Lengkap

Nah, untuk Langkah kedua, Anda bisa membuat biodata singkat Anda berupa nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat dan nomor telepon. Berikut referensi penulisannya :

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama lengkap                      : Ahnafudin, S.Kom.

Tempat tanggal lahir          : Semarang, 01 Januari 2000

Alamat                                    : Jl. Srondol Kulon, Banyumanik

No Telepon                            : 0822 432 405 44

Cantumkan Lampiran Dokumen Penting

Selanjutnya, Anda bisa mencantumkan apa yang Anda lampirkan dengan surat lamaran pekerjaan Anda. Biasanya contoh surat lowongan kerja umum, para pelamar kerja akan mencantumkan 5 dokumen berikut ini:

- Fotocopy Ijazah Terakhir

- Daftar Riwayat Hidup

- Fotocopy SKCK (Surat Keterangan Kelakuan Baik)

- Fotocopy KTP

- Pas foto 4×6 (2 lembar)

Tambahkan Nama Terang

Terakhir dan hal yang paling penting adalah membuat nama terang dibawah dan tanda tangan. Gimana kalau jadinya surat tersebut bukan berasal dari milik Anda?

Hormat Saya,

Ahnafudin

Selain membuat surat lamaran kerja diatas, ada beberapa tips yang mungkin akan berguna dalam proses pembuatan surat lamaran pekerjaan. Mari simak juga beberapa tips berikut secara mendalam.

Baca juga : cara memaksimalkan digital marketing

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

contoh surat lamaran kerja umum

Kalo ngomongin tips, banyak orang yang mau tips tersebut apalagi itu dibagiin secara gratis. Nah mumpung Anda masih membaca artikel ini, saya akan memberikan tips yang akan berguna kedepannya.

Gunakan Kalimat Efektif

Dalam pembuatan surat lamaran kerja, tentu Anda harus melakukan dengan penggunaan kalimat efektif. Jangan bunuh diri dengan menggunakan kalimat yang bertele-tele dan susah dipahami.

Hal ini tentu akan sangat mengganggu para HRD dalam mengecheck kesiapan bahwa Anda layak diterima diperusahaan tersebut.

Cantumkan beberapa prestasi yang pernah Anda raih sebagai nilai plus, ini akan menjadi surat lamaran kerja yang menarik dilihat.

Perhatikan Susunannya

Buatlah surat secara urut dan runtut agar mudah dalam membacanya. Surat yang baik adalah surat yang urutannya saling berkesinambungan.

Harapannya hal ini akan mempermudah pembaca dalam mengenali siapa Anda saat melamar pekerjaan yang diinginkan.

Sesuaikan Lamaran Anda Dengan Kualifikasi yang Berlaku

Baiknya sesuaikan dahulu format kualifikasi lamaran Anda dibeberapa tempat, misalkan ingin melamar dibagian marketing.

Surat lamaran pekerjaan Anda harus sesuai dengan apa yang ingin dilamar. Misalkan isi surat lamaran kerja berupa skill yang berguna dalam media marketing.

Apalagi sudah mendalami hal tersebut akan menjadikan poin plus untuk Anda dan HRD akan menerimanya dengan senang hati.

Lakukan dengan Professional

Nah, terakhir dan yang paling penting adalah lakukan dengan professional. Maksimalkan semuanya agar terlihat professional dimata HRD ataupun pimpinan yang akan membaca surat lamaran pekerjaan Anda nantinya.

Baca juga : cara kirim paket cod

Kesimpulan

Membuat surat lamaran kerja sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun pelamar kerja walaupun fresh graduate sekalipun.

Tak perlu ragu dan takut, membuat surat lamaran kerja profesional mungkin itu sudah cukup membuat para pimpinan perusahaan yakin untuk memilih Anda pada posisi pekerjaan tertentu.

Jika memungkinkan, segera cantumkan hal-hal yang mendukung seperti posisi apa yang ingin diambil dalam perusahaan yang akan Anda lamar.

Atau ingin berapa gaji dalam sebulan serta tunjangan yang lain apakah ada. Banyak faktor yang perlu dipahami, maka dari itu sebelum mengirim CV atau surat lamaran kerja perlu diteliti terlebih dahulu sebelum dikirim.

Apabila masih kebingungan bagaimana format surat lamaran kerja yang baik, Anda bisa mendownloadnya dibawah ini.

Bagikan
RajaBackLink.com