Apa Itu COD? Memahami Arti dan Cara Kirim Paket COD Beserta Tipsnya

Di era digital saat ini, masyarakat sudah terbiasa belanja untuk kebutuhan hidupnya secara online. Cukup dengan memantau gawai atau ponsel selular aja, sudah bisa memesan barang yang diinginkan tanpa repot keluar dari rumah.

Sebab, jika memesan barang secara langsung ke tempat tujuan akan memerlukan banyak waktu dan pengeluaran biaya perjalanan.

Misalkan ingin memesan barang produk elektronik seperti kipas angin. Anda diharuskan datang ke toko untuk membeli produk yang diinginkan. Pengeluaran biaya bensin, memakan waktu banyak diperjalanan, dan masih banyak lagi. Repot bukan?

Nah apabila tidak ingin kerepotan untuk membeli barang secara langsung. Solusi nya adalah dengan memilih metode COD. Penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan.

Terlebih era digitalisasi ini, banyak orang yang tertarik membuka bisnis online karena dinilai lebih sederhana dan praktis untuk dijalankan.

Tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, cukup modal kuota dan kegigihan menjalankan usaha tersebut. Kita ambil contoh apabila Anda menjalankan usaha bisnis online sablon kaos custom desain (dropship atau reseller).

Hanya saja ada salah satu permasalahan yang sering kali dihadapi para pelaku bisnis online adalah kebutuhan pengiriman paket yang terkadang cukup ribet.

Kebetulan saya punya opsi solutif bila tidak ingin ribet soal urusan pengiriman. Anda cukup menyerahkan semua kebutuhan pengiriman paket jualanmu melalui aplikasi KiriminAja.

Aplikasi ini sangat memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan dalam mengirimkan paket. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan program non COD ataupun COD ke seluruh Indonesia yang memudahkan dalam menjalankan bisnis online.

Bila menggunakan layanan COD, Anda tak perlu menunggu lama untuk mencairkan saldonya. Anda bisa menikmati pencairan saldo COD harian yang pastinya cepat, aman, dan mudah.

Oya sebelum membaca lebih dalam mengenai hal tersebut, simak dulu pengertian COD terlebih dahulu ya.

Apa Itu COD?

Dikutip dari Wikipedia, COD adalah singkatan dari Cash on Delivery atau bayar di tempat. Nah, dari kata per kata kita sudah tau bahwa istilah ini berasal dari bahasa Inggris.

Cash artinya uang tunai, sedangkan On Delivery artinya saat dikirim. Secara harfiah, arti COD bisa didefinisikan sebagai kesepakatan antara pembeli dengan penjual untuk melakukan pembayaran ketika barang sudah sampai di tempat tujuan.

Pada proses transaksi jual-beli menggunakan metode pembayaran COD, pembeli dapat melakukan pembayaran saat barang yang dibelinya tiba di rumah atau di tempat yang ditentukan.

Jadi pembeli tidak khawatir apabila mengalami penipuan karena pembayaran dilakukan saat barang sudah di depan mata. Pembayarannya biasa dalam bentuk uang tunai, giro, atau cek, tergantung kesepakatan pembeli dan penjual.

Metode pembayaran dengan cara kirim paket COD ini sangat bermanfaat untuk menarik minat belanja pelanggan dengan menawarkan metode pembayaran yang lebih aman.

Baca juga : cara memaksimalkan digital marketing

Cara Kirim Paket COD J&T Express Melalui Expedisi

Kebanyakan layanan ekspedisi sudah support dengan metode pengiriman COD. Dengan metode pengiriman COD, pelanggan bisa membayar barang ketika pesanan sudah sampai di tujuan supaya barang dan transaksi lebih aman.

Apabila Anda ingin menerapkan metode pembayaran COD untuk kebutuhan bisnis online. Anda bisa menggunakan aplikasi KiriminAja.

KiriminAja merupakan salah satu penyedia layanan Agregator Expedisi di Indonesia yang memberikan jasa pengiriman barang dengan mudah.

Ada berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk kirim barang hanya dengan memulainya dari aplikasi smartphone aja. Ikuti beberapa langkah berikut:

  1. Download dan install aplikasi KiriminAJA di Google Play atau Apple Store lewat gawai atau handphone.
  2. Lalu klik daftar dan verifikasi data dengan lengkap disertai mengisi nomor rekening yang aktif untuk penarikan dana.
  3. Kemudian masuk ke menu “Kirimin” kemudian klik menu “Tambah”
    • Mengisi alamat lengkap Anda
    • Mengisi alamat lengkap penerima
    • Pilih type pengiriman COD atau NONCOD
    • Isikan informasi barang tersebut
    • Lalu pilih Expedisi J&T EXPRESS
    • Terakhir klik SIMPAN
  4. Kembali ke menu “Kirimin” untuk melakukan checklist paket, pickup, pilih jadwal pickup, dan selesai.
  5. Tunggu kurir ekspedisi untuk mengambil paket barang tersebut.

Aplikasi ini menawarkan gratis penjemputan paket tanpa minimal pengiriman. Terlebih lagi ada fitur pelacakan atau tracking terhadap paket yang Anda kirimkan.

Pastinya dengan adanya kemudahan dalam tracking bisa memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkirim paket.

KiriminAja juga sudah bekerja sama dengan JNE Express, J&T Express, SAP Express, Sicepat, dan lainnya. Kirim paket cukup dari rumah aja sudah dapat free pickup, bisa kirim COD (dengan pencairan harian) dan Non COD.

Tips Aman Belanja Online dengan Sistem COD

Jika mau belanja online dengan sistem COD dengan penjualnya, maka gunakan beberapa tips yang bisa membantu Anda supaya barang dan transaksi aman, berikut hal yang harus Anda perhatikan sebagai berikut:

  1. Usahakan jangan bertemu sendirian saat mau transaksi COD, minimal ajak satsu teman atau kerabat terdekat.
  2. Tentukan lokasi yang tepat, dekat, dan banyak orang sehingga bisa berjalan dengan lancar.
  3. Lakukan transaksi COD pada siang atau sore hari.
  4. Tetap fokus pada transaksi COD, dan hati-hati apabila penjual membicarakan hal diluar topik barang tersebut.
  5. Periksa kondisi barang mulai dari kelengkapan, garansi, dan lainnya sebelum melakukan pembayaran.
  6. Penjual memberikan informasi secara detil mengenai produk yang ditawarkan demi kenyamanan bertransaksi.

Dengan menggunakan metode COD, kedua pihak sama-sama diuntungkan. Pembeli bisa langsung melihat kondisi barang dan penjual bisa langsung mendapatkan uang dari barang yang dipesannya.

Lapak penjual juga akan mulai dikenal banyak orang dan membangun kepercayaan terhadap customer.

Harapannya agar bisa menjalin hubungan yang baik dan customer akan repeat order untuk pesanan berikutnya.

Selain itu, metode pembayaran COD juga cukup efektif dalam meraih calon customer baru yang membutuhkan jaminan keamanan dalam bertransaksi.

Baca juga : alasan mengapa harus cari lowongan kerja

Penutup

Oke baik, itulah berbagai ilmu mengenai pengertian COD, cara kirim paket COD, dan tips aman berbelanja online dengan sistem COD.

Dengan metode pembayaran COD mudah dan aman, Anda bisa membangun kepercayaan customer dan merasa senang usahanya akan meningkat. Hal itu akan mengurangi resiko penipuan (barang tidak dikirim)

Tetapi dalam transaksi menggunakan COD pun juga ada kekurangannya, yaitu area yang sangat terbatas dengan si penjual.

Ada juga keterbatasan barang yang tidak support dengan metode COD, ada komplain barang, dan masih banyak lagi kekurangan.

Terkadang ada beberapa customer masih ragu bila tidak melakukan transaksi secara langsung karena baru pertama kali bertransaksi di Internet. Apakah gambar tersebut sesuai dengan barangnya atau beda jauh?

Itu saja artikel yang bisa saya utarakan, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda khususnya yang ingin menggunakan transaksi COD atau Non COD. Terima kasih banyak.

Bagikan
RajaBackLink.com