Cara Memulai Usaha dari Nol dan Tips & Trik Membangun Usaha Rumah Makan

Cara Memulai Usaha dari Nol – Menjadi pengusaha adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi diri sendiri karena ia menjadi bos di usahanya, namun banyak juga mereka yang memilih untuk bekerja dengan orang lain karena takut gagal, tidak ingin menanggung tanggung jawab besar, takut mengalami kerugian banyak, dan adapula yang tidak memiliki modal.

Cara Memulai Usaha dari Nol

Tenang Sobat disini saya akan membagikan tips and trik yang harus dilakukan sebelum membuka usaha rumah makan dari nol agar usaha kita lancar, pasti ada pertanyaan dibenak Sobat semua apa sih yang harus pertama kali kita lakukan ketika ingin membuka usaha rumah makan?

Tips & Trik Membangun Usaha Rumah Makan

cara memulai usaha dari nol

Banyak yang bisa saya bagikan materi gendeng ini kepada Anda, karena ingin membantu para UMKM yang ada di Indonesia terus berkembang daripada negara sebelah. Memakai produk lokal dan tidak import dari negara tetangga. Maka dari itu saya memberikan beberapa tips & trik membangun usaha rumah makan yang bisa Anda terapkan sebagai berikut:

Cari Pasar/Market

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membidikan pasar, apa sih bidikan pasar itu?

Bidikan pasar adalah cara yang dilakukan pengusaha untuk mengetahui seberapa banyak orang yang menyukai rumah makan, kita harus tau kelebihan dan kekurangan jika mendirikan usaha ini, seberapa banyak pesaing jika kita mendirikan usaha ini, bisa tidaknya usaha kita bersaing dengan mereka, kebanyakan mereka lebih tertarik dengan makanan apa saja atau nuansa rumah makan seperti apa dan lain sebagainya.

Membuat Konsep yang Unik dan Berbeda

Cara kedua yaitu kita harus membuat konsep Rumah makan yang unik dan berbeda dari yang lainnya serta hasil dari bidikan tersebut mereka lebih tertarik dengan nuansa makanan.

Seperti contoh kebanyakan mereka tertarik dengan makanan yang tradisional maka kita mendirikan rumah makan dengan tema budaya Jawa, kita harus tau apa saja untuk layout atau desain rumah makan ini agar dapat bernuansa kejawaan, menu apa saja yang akan kita berikan kepada pelanggan, sesuai bakat kita jika yang memasak kita sendiri namun jika yang memasak chef maka kita harus mencari chef yang berbakat agar makanan yang akan disajikan lebih enak.

Tempat Strategis

Ketiga kita mencari tempat yang strategis, seperti contoh dekat dengan kampus, perusahaan, atau tempat wisata agar ketika mereka istirahat dapat pergi ke rumah makan kita. Lokasi tempat yang strategis bisa membuat usaha Anda tumbuh/growth dengan cepat.

Baca juga : cara menghitung bep usaha kecil

Mencari Karyawan yang Berpengalaman

Keempat kita harus mencari karyawan yang sudah berpengalaman kerja di rumah makan, atau kafe, atau restoran, memiliki kepribadian yang baik, sopan, ramah dan jujur, berbakat dibidang yang kita butuhkan. Apabila tidak berpengalaman dibidang nya, Anda bisa mendapatkan kerugian yang besar karena Anda salah merekrut orang yang bukan di bidang nya tersebut.

Mendesain Layout Tempat

Kelima kita layout tempat tersebut supaya dapat menarik pelanggan, dengan memberikan tulisan aksara Jawa, patung-patung pewayangan, benda-benda kuno, sepeda onthel, ada poster tari-tarian, tempatnya ditanami tumbuhan dan air kolam ikan agar suasananya terasa sejuk.

Contoh lain misalnya tempat yang dibuat dari bambu, alat masak dan alat makan seperti zaman dahulu, adapula tour guide yang menjelaskan tentang pewayangan, aksara Jawa, asal usul adanya makanan ini dan lain sebagainya, dan ada lagu-lagu tembang Jawa. Intinya desain layout tempat berbeda dengan kompetitor Anda.

Menyediakan Makanan Tradisional

Keenam kita menyediakan makanan tradisional, atau makanan khas jawa, seperti gudeg, lumpia, putu, cenil, ketan, tiwul, klepon, gethuk, jahe anget atau membuat makanan yang belum pernah ada (inovasi dan kreativitas baru) dan masih banyak lagi

Tujuan Mendirikan Usaha

Ketujuh kita kasih penjelasan tentang tujuan pendirian usaha ini contoh “Bu Wiwid adalah pemilik rumah makan ini, beliau mendirikan usaha ini dengan mengambil tema kejawen karena ingin melestarikan budaya Jawa yang sudah mulai tertinggal kepada seluruh masyarakat, wisatawan, dan generasi milenial, beliau tidak ingin budaya yang sudhah dipertahankan dari dulu terkikis oleh zaman karena para generasi milenial mulai tidak peduli dengan budayanya dan beralih menyukai budaya barat dst.”

Promosi

Kedelapan adalah promosi dengan cara membuat brosur, pamflet, iklan di media sosial, dan promo beli satu gratis satu, atau diskon, atau membeli sebesar Rp 80.000 mendapat souvernir, atau setiap 10 tiket yang diberikan setiap kunjungan bisa ditukarkan dengan satu makanan, dan lain sebagainya. Tanpa promosi, Anda tidak bisa mendapatkan traffic dari media tersebut. Semakin banyak traffic yang masuk, semakin besar peluang usaha anda semakin untung.

Konsisten

Kesembilan kita harus konsisten dengan jam buka dan jam tutup agar tidak mengecewakan pengunjung saat datang tulisannya, contohnya di hari Senin buka pukul 07.00-20.00 ternyata jam 19.00 sudah tutup, jika besok libur kita juga harus memperbaharui informasinya.

Nah itulah beberapa cara memulai dari nol, semoga bermanfaat dan jangan pernah takut untuk mencoba. Entah nanti gagal atau berhasil setidaknya kita memiliki pengalaman, kita tahu kesalahan kita dimana kita perbaiki lalu bangkit mencoba akhirnya sukses, namun jika kita sudah takut gagal sebelum mencoba kita akan diperbudak oleh dunia, tidak akan pernah maju dan sukses.

Kebetulan ada situs namanya bebasbahagia.com yang bisa memotivasi Anda agar meraih sukses dan hidup bahagia. Dalam kontennya, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah cara memahami diri Anda dengan menggunakan pikiran dan memaksimalkan potensi yang ada didalam diri Anda. Lebih lanjutnya bisa kunjungi langsung blog tersebut. Sekian terima kasih banyak.

Bagikan

Satu pemikiran pada “Cara Memulai Usaha dari Nol dan Tips & Trik Membangun Usaha Rumah Makan”

Komentar ditutup.

RajaBackLink.com