Strategi Marketing untuk UKM yang Baru Berkembang

Mendirikan UKM juga membutuhan strategi marketing untuk UKM yang baru berkembang secara tepat. Ditakutkan ketika UKM itu berdiri tetapi tidak mampu berkembang bahkan kalah dengan usaha-usaha lain. Jangan sampai usaha tersebut mengalami kerugian bahkan sampai gagal dan bangkrut.

Inilah Strategi Marketing untuk UKM yang Baru Berkembang

Strategi marketing yang benar akan dapat meningkatkan profit usaha. Hal ini bisa dipelajari dengan mempraktikkan secara langsung. Sekalipun gagal berkali-kali, mental pebisnis akan selalu mencoba dan mencoba. Inilah beberapa strategi yang efektif.

  1. Menyebarkan Informasi Tentang Produk

Strategi marketing yang pertama adalah penyebaran informasi mengenai produk yang akan dijual. Hal ini dapat dilakukan lewat media sosial maupun membayar influencer yang telah memiliki banyak followers.

Tentu strategi ini dinilai sangat efektif mengingat dengan cara tersebut masyarakat akan mengenal produk yang ditawarkan.

  1. Adakan Giveaway

Dengan memanfaatkan media sosial, pelaku UKM dapat mengadakan giveaway. Tujuan dari strategi ini tentunya untuk memancing rasa penasaran konsumen terhadap produk yang dijual. Buatlah syarat yang mudah dalam mengadakan kontes online ini.

Misalnya saja syarat yang wajib dilakukan adalah memfollow media sosial yang dimiliki pelaku UKM. Dengan sekali dayung, dua tiga terlampaui, maka di satu sisi semakin banyak yang mengenal usaha UKM dan di sisi lain akan membuat konsumen membeli produk dengan jalan giveaway tersebut.

  1. Ikuti Bisnis Award

Strategi yang ketiga tentunya ikut bisnis award.  Jika Anda berhasil sampai akhir, apalagi sampai mendapat pendanaan sponsor, otomatis akan membuat usaha dipercaya oleh masyarakat. Mengikuti kompetisi bisnis juga membuka peluang untuk bertemu orang-orang sukses sehingga mereka bisa dimintai ilmu dalam mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Selain itu, adanya perusahaan-perusahaan yang hadir bisa dijadikan mitra kerja. Kesempatan langka tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku UKM dalam meningkatkan usaha yang dijalankannya.

  1. Buatlah Promo yang Menarik

Semua orang setuju jika promo adalah sesuatu yang dinantikan oleh para konsumen. Karena dengan begitu seseorang terkadang bisa mendapatkan cashback, potongan harga, kupon hadiah dan hal menarik lainnya yang selalu membuat konsumen selalu senang.

Strategi ini dinilai mampu menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang dijual pelaku UKM. Promo dapat dilakukan pada saat-saat tertentu misalnya saat lebaran idhul fitri, libur tahun baru, hari raya natal atau hari raya imlek. Dijamin pasti banyak yang membeli.

  1. Sponsori Acara

Strategi berikutnya ini bisa dilakukan pada acara yang melibatkan banyak pihak. Misalnya konser band ternama, seminar nasional yang diadakan di kampus dan event-event lainnya. Meskipun memberikan sponsor dalam jumlah yang tidak cukup besar, setidaknya nama usaha UKM yang didirikan terpajang di poster acara.

Melalui acara ini, usaha UKM yang didirikan dapat diketahui khalayak umum. Bahkan terkadang pelaku UKM dapat meminta izin untuk sekalian menjual produk saat acara berlangsung. Acara besar tentu akan dikunjungi banyak orang. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan momen untuk mempromosikan produk yang telah dibuat.

Dengan mengetahui strategi marketing UKM yang baru berkembang, diharapkan mampu untuk bersaing dengan pengusaha bahkan perusahaan besar sekaligus. Semoga strategi ini mampu membuat pelaku UKM meraih kesuksesan serta membantu para pemula dalam menjual produknya.

Semua perusahaan besar dulunya juga berawal dari usaha kecil yang didirikan dengan strategi tepat. So, buat Anda yang mau mengembangkan usaha, jangan pernah takut untk mencoba. Segera jemput kesuksesan dengan kerja keras dan sungguh-sungguh.

Bagikan
RajaBackLink.com