Inilah Perbedaan CV dan Resume yang Tidak Boleh Keliru!!

Perbedaan CV dan Resume – Makin hari, beberapa pelamar pekerjaan makin banyak. Dimulai dari mereka yang cari info lewat sosial media, s/d tiba langsung ke tempat kerja. Di zaman digitalisasi sekarang ini, kamu pasti kenal dengan istilah CV dan resume yang paling dekat dalam ranah dunia kerja.

Pemakaian CV atau resume memang kerap dihubungkan dengan lamaran pekerjaan. Walau jadi dua hal yang sama-sama terkait, rupanya ke-2 nya berlainan lho! Nah saat sebelum mempersiapkan CV atau resume untuk melamar pekerjaan, yok ketahui dahulu apa pemahaman dan perbedaan ke-2 istilah ini.

Mengenali CV dan Resume

Yang mana seringkali kamu dengar, CV atau resume? Istilah CV mungkin lebih dekat di telinga kita. Karena banyak agen perusahaan yang menyaratkan pengerjaan CV. Sesaat resume sendiri condong dipakai sebagai pendamping.

Curriculum Vitae atau CV bisa disimpulkan sebagai daftar kisah hidup. CV ini adalah document yang menerangkan secara detil siapa dirimu sebagai pelamar kerja. Biasanya CV berisi info individu seperti nama, photo, tanggal lahir, alamat, dan lain-lain.

Disamping itu dalam CV tertera info umum, seperti prestasi, kwalifikasi kekuatan, pengalaman, dan lain-lain. Kamu pasti pernah menyaksikan info ini dalam CV seorang kan?

Adapun resume adalah kisah singkat mengenai siapa diri kamu. Resume ini lebih fleksibel hingga bisa disamakan dengan tipe lowongan yang kamu lamar. Document ini lebih mempunyai tujuan untuk memasang iklan diri kamu di mata penyeleksi kerja.

Sebab karakternya yang fleksibel, resume ini tetap diubah seperti keperluan. Misalkan kamu melamar kerja di perusahaan sektor pengajaran, pasti resume akan berlainan saat kamu melamar di bagian keuangan. Nah seperti itu gambarannya.

Perbedaan CV dan Resume

Dengan singkat, dari pemahaman itu kamu mulai akan menebak apa perbedaan ke-2 nya. Berikut keterangan yang menjawab rasa penasaranmu.

Jumlah Halaman

Umumnya CV cuman berisi satu halaman singkat yang berisi info yang lumayan banyak. Lewat satu helai ini, penyeleksi kerja bisa menyaksikan kisah diri kamu. Tetapi, rupanya penglihatan itu salah.

Sesungguhnya CV berisi info detil hingga jumlah halamannya tidak terbatasi. Memang kisah hidup ini dihidangkan berbentuk beberapa poin. Tetapi untuk beberapa orang, satu helai saja tidak cukup buat tuliskan segudang prestasi mereka.

Nah ini yang sesungguhnya betul, resume cuman mempunyai satu halaman saja. Karena, resume yang disebut kisah kekuatan dikisahkan secara singkat. Peluang membuat resume berikut yang digunakan beberapa pelamar kerja untuk mengomunikasikan beberapa hal yang tidak tercantum pada CV.

Langkah Penulisan

Perbedaan CV dan resume ialah mengenai langkah penulisan. Umumnya CV dicatat dengan mengikut standard yang sudah diputuskan. Ketentuan ini berlaku untuk CV versus luar negeri.

Biasanya, beberapa orang luar negeri mengikut standard penulisan yang berjalan. Tetapi berlainan dengan Indonesia. Di Indonesia belum diputuskan standard penulisan CV tersebut.

Adapun resume tidak mempunyai standard khusus. Resume ini dicatat sesuai kondisi dan situasi keperluan kwalifikasi kerja. Misalkan melamar di bagian keuangan akan berlainan dengan resume sektor kepenulisan.

Fungi CV dan Resume

Walau kedengar dekat sebagai document pendamping lamaran pekerjaan, tapi ke-2 nya berlainan lho! CV bukan hanya dibikin untuk melamar pekerjaan saja. CV ini dibikin untuk kebutuhan tertentu yang menyaratkan ada CV.

Misalkan kamu mendaftarkan organisasi atau jadi pembicara satu acara. Pasti kamu memerlukan CV. Saat itu, resume dicatat cuman untuk melamar pekerjaan saja. Tidak ada penulisan resume yang lain terkecuali adalah persyaratan registrasi kerja.

Nah rupanya yang lebih pas disebutkan document melamar kerja ialah resume. Sedang CV perannya dapat berbagai macam, tidak cuma untuk melamar pekerjaan.

Bentuk Penyajian

Perbedaan CV dan resume dari sisi bentuk. CV berupa statis atau kaku, mengikut standard yang berjalan. Umumnya bentuk ini diatur sesuai isi yang termuat dalam CV. Didalamnya mencakup keterangan profesi kamu selengkapnya.

Sesaat resume memiliki bentuk lebih variasi. Kamu dapat berkreatifitas saat pengerjaan resume ini. Disamping itu, isi resume yang condong pendek membuat kamu lebih memerhatikan beberapa hal apa yang seharusnya didiskusikan lewat resume.

Yang mana Lebih Kerap Dipakai, CV atau Resume?

Dari perbedaan itu, kurang lebih dalam soal melamar pekerjaan, yang mana seringkali dipakai, CV atau resume? Jawabnya bergantung di mana pemakaian ke-2 tipe document ini. Rupanya tiap negara mempunyai watak tertentu dalam penggunaan CV atau resume.

Beberapa negara Eropa

Di negara Eropa seperti Inggris, Irlandia, Jerman, dan lain-lain seringkali memakai CV untuk melamar pekerjaan. Nyaris jarang-jarang mereka manfaatkan resume sebagai document simpatisan.

Amerika Serikat dan Kanada

Negara di Amerika Serikat dan Kanada semakin banyak memakai resume untuk melamar pekerjaan. Sesaat CV condong jarang-jarang digunakan dalam negara ini. Nah fakta ini benar-benar bertentangan sama yang dipakai oleh negara di Eropa kan?

Beberapa negara di Asia

Nah bagaimana dengan keadaan di beberapa negara Asia, terutamanya negara kita? Di beberapa negara Asia, baik CV atau resume sama kerap dipakai. Pemakaian ke-2 nya fleksibel sesuai keperluan dan kwalifikasi kerja.

Umumnya Curriculum Vitae dipakai untuk melamar pekerjaan yang karakternya untuk servis khalayak. Adapun resume dipakai oleh perusahaan swasta dalam menyortir beberapa pelamar kerja.

Panduan Membuat CV

Sebab keutamaan CV sebagai document yang berisi kisah hidupmu, kamu juga harus membuat secara baik. Jangan sembarangan sebab CV kreasi CV ini dipandang lho! Nah berikut panduan simpel untuk bikin CV.

Ketahui isi CV dan info yang akan kamu sertakan

Pertama kamu pasti harus memahami dengan isi CV yang akan kamu bikin. Document kisah diri ini tentu saja berisi beberapa hal yang memvisualisasikan diri kamu dan reputasi prestasi. Kamu mulai bisa membuat daftar isian yang akan kamu sertakan dalam CV.

Pilih design template yang memikat

Awalannya seorang HRD semakin tertarik membaca CV ialah sebab penampilannya. Misalkan saja CV kamu komplet tapi bentuknya kaku, sang HRD akan jemu dengan CVmu. Lebih parahnya, CV kamu bisa cuman disaksikan sisi identitasnya saja.

Selipkan contact rujukan dan account sosial media

Di dunia digital sekarang ini menjadi hal yang wajib buat mencantumkan account media sosial kita. Tidak bisa dipungkuri, reputasi seorang jadi alasan dalam pemilihan pekerjaan itu.

Panduan Membuat Resume

Sebagai document yang berperan untuk melamar pekerjaan, resume benar-benar punya pengaruh dalam pemilihan pekerjaan. Jawaban dari resume ini dapat tentukan kesan-kesan HRD pada diri kamu dan watakmu dalam bekerja.

Kerjakan riset diri

Riset diri mencakup kelebihan serta kekurangan, kekuatan dan teror yang ada pada diri. Umumnya sisi ini adalah sisi yang bersama-sama saat kamu usai memperkenalkan diri. Maksudnya supaya sang penyeleksi memperoleh kisah diri kamu pada umumnya.

Riset profesi

Sesudah menganalisa diri, seterusnya kamu harus menganalisa profesi apa yang kamu lalui sampai saat ini. Di bagian ini kamu dapat mengomunikasikan sektor kareir dan perolehan yang pernah kamu capai.

Riset pekerjaan tujuan

Seterusnya profesi itu kamu tautkan dengan nilai perusahaan. Ini menjadi nilai yang terkait saat kamu melamar sektor yang sesuai kareir awalnya. Tentu ke-2 nya akan mempunyai titik jumpa berdasar kekuatan diri kamu.

Nah itu ulasan berkenaan perbedaan CV dan resume. Saat ini tidak boleh salah kembali pada memandang ke-2 tipe document ini ya! Siapkan secara baik document apa yang kamu perlukan untuk melamar pekerjaan. Misalkan CV atau resume selanjutnya rancanglah ke-2 nya dengan sebaik-baiknya.

Bagikan
RajaBackLink.com