Keuntungan dan Kerugian Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui

Sekarang semua orang dituntut untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi yang tesedia. Terlebih saat ini apapun serba online. Ditambah pandemi sekarang masih melanda seluruh dunia. Hampir semua aktifitas berjalan secara digital sehingga strategi digital marketing penting diterapkan. Namun, ada keuntungan dan kerugian digital markering yang harus dipahami.

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing

Digital marketing merupakan metode pemasaran produk berbasis digital atau online seperti penggunaan sosial media Facebook, Google, Instagram dan sebagainya. Dengan menggunakannya, pasti memiliki keuntungan dan kerugian. Inilah beberapa di antaranya.

  1. Biaya Iklan Terjangkau

Digital marketing lebih murah dibandingkan dengan teknik canvasing seperti iklan dikoran, majalah, brosur dan media cetak lainnya, termasuk radio hingga televisi. Pastinya, itu merogoh kocek yang tidak sedikit bahkan nominalnya hingga berjuta-juta.

Iklan tersebut sangat sulit dijangkau oleh para pemilik usaha atau pembisnis kelas menengah ke bawah. Sedangkan iklan menggunakan Google Ads, Facebook dan Instagram Ads bisa Anda jangkau hanya dengan minimal Rp 50.000,-.

  1. Lebih Efisien Menjangkau Customer

Penggunaan digital marketing bisa ditentukan berapa jumlah pengunjung yang melihat website atau toko online dalam sehari. Sementara di toko offline tidak dapat ditentukan berapa pengunjung yang datang perharinya.

Jadi digital marketing bisa dikatakan sangat efisien dan memiliki progress yang baik. Iklan menjangkau luas ke banyak customer.

  1. Tidak Lekang Oleh Waktu

Iklan digital marketing lebih tepat sasaran ke calon customer dan bisa menjangkau ke seluruh dunia tanpa ada batas waktu. Misal jika Anda memilih untuk promosi menggunakan digital marketing yang dibayar di salah satu website, maka iklan Anda akan muncul di website tersebut tanpa ada jangka waktu tertentu.

Dengan demikian, digital marketing bersifat tidak kardaluarsa, beda jika menggunakan media cetak atau media TV. Iklan Anda hanya ditayangkan dalam jangka waktu yang telah disepakati. Melebihi itu, iklan tersebut akan menghilang dan tidak pernah muncul kembali kecuali ada perpanjangan kontrak iklan.

  1. Simpel

Semakin menjamurnya jasa pelayanan digital marketing, semakin memudahkan juga bagi pemilik usaha atau pembisnis untuk menggunakan jasa mereka. Jasa pembuat digital marketing biasa disebut SEO yang merupakan singkatan dari Search engine optimizasion (pengoptimalan mesin telusur).

Pebisnis tinggal menggunakan jasa SEO dan melihat hasil dari penggunaan digital marketing. Tentunya sangal mudah bukan. Sesimpel itu dan tidak perlu repot-repot mengkonsep dan mempubilkasikan sendiri karena pastinya jasa SEO lebih mengetahui bagaimana dunia digital marketing.

  1. Media Komunikasi

Keuntunganya digital marketing selanjutnya sebagai alat komuniksi antara para pemlik usaha atau pembisnis dengan customer. Bahkan terdapat pilihan iklan yang 24 jam non stop. Namun, Anda tidak perlu setiap waktu di depan computer. Cukup menerima orderan masuk dari customer baru.

Kekurangan dari Digital Marketing

Digital marketing memiliki banyak keuntungan dan juga kekurangan. Sampai sekarang pun tidak ada media promosi yang tidak memiliki kekurangan sama sekali. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik usaha atau pembisnis yang membutuhkan promosi perlu memikirkan kekurangannya sebagai bahan mempertimbangkan.

  1. Saingan Banyak

Internet sangat luas jaringannya dan sekarang banyak orang yang mulai menyadari bahwa internet merupakan kebutuhan sehari-hari. Sehingga banyak pemilik usaha berpikir dan memilih internet sebagai media sponsor.

Karena banyakya pemilik usaha atau perusahaan memilih bersponsor melalui digital marketing, maka saingan Anda juga semakin banyak. Jika pesaing semakin banyak, pebisnis perlu memilih jasa pengiklanan yang bagus, buatlah iklan yang berbeda sehingga mudah dikenal dan diingat customer.

  1. Harus Memiki Skill

Membuat iklan secara digital sangat sulit untuk orang biasa tanpa memiliki keahlian khusus. Jadi untuk melakukannya harus memiliki kemampuan di bidang tersebut untuk meminimalisir kegagalan dan agar mampu bertahan bersaing di dunia digital marketing. Karenanya dibutuhkan kreatifitas tinggi.

  1. Mudah Dijiplak

Plagiat di Indonesia marak terjadi. Hal tersebut dikarenakan kurang adanya payung hukum yang kuat untuk menjerat para plagiator dan minimnya hak cipta karya. Ini juga berimbas di dunia digital marketing. Kurangnya hak cipta memudahkan oknum-oknum tak bertanggung jawab meniru iklan yang sudah dibuat.

  1. Reputasi Dipertaruhkan

Biasanya di digital marketing terdapat ulasan komentar dari customer tentang bagaimana service dari perusahaan Anda dan sebagainya. Jika komentar yang diberikan dari customer kepada produk bagus, otomatis meningkatkan calon konsumen tertarik dengan usaha atau perusahaan Anda.

Demikian keuntungan dan kerugian digital markering. Sebelum memilih digital marketing, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apa saja jenis marketing yang cocok. Karena tidak semuanya yang mahal memberikan hasil maksimal.

Bagikan
RajaBackLink.com