Teks 1 Kelabat dirinya terlihat dari balik jendela. Ringgo segera membuka gorden jendelanya dan mencari bayangan yang baru saja lewat. Ia tak menemukan satu orang pun di balik halaman atau jalanan di balik jendela itu. Rasa penasaran kemudian membawanya keluar ke jalan dan menoleh kanan kiri. Di arah kanan, terlihat sorang laki-laki paruh baya memakai kemeja butut berjalan tergesa-gesa. Tak biasanya paman keluar rumah pada siang hari begini. Apakah ada sesuatu yang terjadi? Ringgo semakin penasaran karena mendapati pagar rumah paman ditinggalkan terbuka begitu saja. Dia curiga kalau pamannya sedang melakukan tindakan yang tidak benar. Namun esok harinya, rasa curiga Ringgo terjawab. Ternyata, pamannya kemarin terburu-buru karena harus menjemput bibi yang datang mendadak dari desa.Teks 2″Hey Katak, apa kamu nggak capek seharian lompat keluar masuk air terus ?” tanya Ikan Mas sambil tertawa.”Jangan bergurau kau, Ikan Mas. Kalo nggak begini, mana bisa aku dapat makanan.””Makan saja lumut-lumut yang menempel di batu, Katak. Rasanya lezat.””Kau bilang lezat, karena itu makananmu, Ikan Mas. Sedangkan makananku kan serangga.””Ah, terserahlah, lihat punggungmu mulai kering,” kata Ikan Mas sambil berenang pergi meninggalkan Katak.Dia memang sudah setengah hari bertengger di atas batu. Namun, belum ada satu pun serangga atau nyamuk yang berhasil ia tangkap untuk sekedar mengganjal perutnya yang keroncongan .Perbedaan nilai moral dari kedua kutipan teks tersebut adalah…

Teks 1   Kelabat dirinya terlihat dari balik jendela. Ringgo segera membuka gorden jendelanya dan mencari bayangan yang baru saja lewat. Ia tak menemukan satu orang pun di balik halaman atau jalanan di balik jendela itu. Rasa penasaran kemudian membawanya keluar ke jalan dan menoleh kanan kiri. Di arah kanan, terlihat sorang laki-laki paruh baya memakai kemeja butut berjalan tergesa-gesa.   Tak biasanya paman keluar rumah pada siang hari begini. Apakah ada sesuatu yang terjadi? Ringgo semakin penasaran karena mendapati pagar rumah paman ditinggalkan terbuka begitu saja. Dia curiga kalau pamannya sedang melakukan tindakan yang tidak benar. Namun esok harinya, rasa curiga Ringgo terjawab. Ternyata, pamannya kemarin terburu-buru karena harus menjemput bibi yang datang mendadak dari desa.Teks 2"Hey Katak, apa kamu nggak capek seharian lompat keluar masuk air terus ?" tanya Ikan Mas sambil tertawa."Jangan bergurau kau, Ikan Mas. Kalo nggak begini, mana bisa aku dapat makanan.""Makan saja lumut-lumut yang menempel di batu, Katak. Rasanya lezat.""Kau bilang lezat, karena itu makananmu, Ikan Mas. Sedangkan makananku kan serangga.""Ah, terserahlah, lihat punggungmu mulai kering," kata Ikan Mas sambil berenang pergi meninggalkan Katak.Dia memang sudah setengah hari bertengger di atas batu. Namun, belum ada satu pun serangga atau nyamuk yang berhasil ia tangkap untuk sekedar mengganjal perutnya yang keroncongan .Perbedaan nilai moral dari kedua kutipan teks tersebut adalah...

Teks 1 Kelabat dirinya terlihat dari balik jendela. Ringgo segera membuka gorden jendelanya dan mencari bayangan yang baru saja lewat. Ia tak menemukan satu orang pun di balik halaman atau jalanan di balik jendela itu. Rasa penasaran kemudian membawanya keluar ke jalan dan menoleh kanan kiri. Di arah kanan, terlihat sorang laki-laki paruh baya memakai kemeja butut berjalan tergesa-gesa. Tak biasanya paman keluar rumah pada siang hari begini. Apakah ada sesuatu yang terjadi? Ringgo semakin penasaran karena mendapati pagar rumah paman ditinggalkan terbuka begitu saja. Dia curiga kalau pamannya sedang melakukan tindakan yang tidak benar. Namun esok harinya, rasa curiga Ringgo terjawab. Ternyata, pamannya kemarin terburu-buru karena harus menjemput bibi yang datang mendadak dari desa.Teks 2"Hey Katak, apa kamu nggak capek seharian lompat keluar masuk air terus ?" tanya Ikan Mas sambil tertawa."Jangan bergurau kau, Ikan Mas. Kalo nggak begini, mana bisa aku dapat makanan.""Makan saja lumut-lumut yang menempel di batu, Katak. Rasanya lezat.""Kau bilang lezat, karena itu makananmu, Ikan Mas. Sedangkan makananku kan serangga.""Ah, terserahlah, lihat punggungmu mulai kering," kata Ikan Mas sambil berenang pergi meninggalkan Katak.Dia memang sudah setengah hari bertengger di atas batu. Namun, belum ada satu pun serangga atau nyamuk yang berhasil ia tangkap untuk sekedar mengganjal perutnya yang keroncongan .Perbedaan nilai moral dari kedua kutipan teks tersebut adalah…

  1. Teks 1 Keburukan seseorang ; Teks 2 Kebaikan kepada sesama
  2. Teks 1 tentang perasaan peduli sesama ; Teks 2 tentang hubungan kekerabatan yang baik
  3. Teks 1 tentang kepedulian pada keluarga ; Teks 2 tentang kepedulian terhadap teman
  4. Teks 1 berprasangka buruk pada orang lain ; Teks 2 mencibir teman yang kesusahan

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: D. Teks 1 berprasangka buruk pada orang lain ; Teks 2 mencibir teman yang kesusahan.

Dilansir dari Ensiklopedia, Teks 1 Kelabat dirinya terlihat dari balik jendela. Ringgo segera membuka gorden jendelanya dan mencari bayangan yang baru saja lewat. Ia tak menemukan satu orang pun di balik halaman atau jalanan di balik jendela itu. Rasa penasaran kemudian membawanya keluar ke jalan dan menoleh kanan kiri. Di arah kanan, terlihat sorang laki-laki paruh baya memakai kemeja butut berjalan tergesa-gesa. Tak biasanya paman keluar rumah pada siang hari begini. Apakah ada sesuatu yang terjadi? Ringgo semakin penasaran karena mendapati pagar rumah paman ditinggalkan terbuka begitu saja. Dia curiga kalau pamannya sedang melakukan tindakan yang tidak benar. Namun esok harinya, rasa curiga Ringgo terjawab. Ternyata, pamannya kemarin terburu-buru karena harus menjemput bibi yang datang mendadak dari desa.Teks 2"Hey Katak, apa kamu nggak capek seharian lompat keluar masuk air terus ?" tanya Ikan Mas sambil tertawa."Jangan bergurau kau, Ikan Mas. Kalo nggak begini, mana bisa aku dapat makanan.""Makan saja lumut-lumut yang menempel di batu, Katak. Rasanya lezat.""Kau bilang lezat, karena itu makananmu, Ikan Mas. Sedangkan makananku kan serangga.""Ah, terserahlah, lihat punggungmu mulai kering," kata Ikan Mas sambil berenang pergi meninggalkan Katak.Dia memang sudah setengah hari bertengger di atas batu. Namun, belum ada satu pun serangga atau nyamuk yang berhasil ia tangkap untuk sekedar mengganjal perutnya yang keroncongan .Perbedaan nilai moral dari kedua kutipan teks tersebut adalah… Teks 1 berprasangka buruk pada orang lain ; Teks 2 mencibir teman yang kesusahan.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Teks 1 Keburukan seseorang ; Teks 2 Kebaikan kepada sesama benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban B. Teks 1 tentang perasaan peduli sesama ; Teks 2 tentang hubungan kekerabatan yang baik adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. Teks 1 tentang kepedulian pada keluarga ; Teks 2 tentang kepedulian terhadap teman adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban D. Teks 1 berprasangka buruk pada orang lain ; Teks 2 mencibir teman yang kesusahan adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah D. Teks 1 berprasangka buruk pada orang lain ; Teks 2 mencibir teman yang kesusahan.

Bagikan



  • Your's IP : 3.236.18.161
  • Country: United States
  • City : Ashburn
  • Long : 39.0438 | Lat : -77.4874
  • Timezone : America/New_York
  • ISP : Amazon Technologies Inc.
  • Browser : Unknown
  • OS : Unknown OS Platform