Pengertian WhatsApp, Sejarah, Manfaat, Kekurangan dan Kelebihannya?

Dengan ada sosial media, beberapa orang di beberapa penjuru dunia bisa tersambung satu sama lain. Salah satunya sosial media yang terkenal sekarang ini ialah WhatsApp. Nach, pada artikel ini, saya akan menerangkan mengenai pemahaman, riwayat, peranan dan faedah, kekurangan dan kelebihan WhatsApp.

Berdasar rangking media sosial dengan kelompok Internet and Telecom > Social Network yang dibikin oleh Similar Web pada 1 January 2019, WhatsApp tempati posisi kedelapan. Sedang, untuk Global Rank, WhatsApp tempati posisi ke-30.

WhatsApp berperanan sebagai program messenger online yang saat ini lebih banyak dipakai untuk beragam hal seperti chat individual, komune, seminar online, dan lain-lain. Untuk info selanjutnya tentang pemahaman WhatsApp, silahkan baca keterangan di bawah ini.

Pengertian WhatsApp

WhatsApp Messenger atau WhatsApp sebuah program perpesanan (messenger) instant dan lintasi basis pada handphone yang memungkinkannya pemakai mengirimi dan terima pesan seperti SMS tanpa memakai pulsa tetapi akses internet. WhatsApp mempunyai basic yang serupa dengan BlackBerry Messenger.

WhatsApp di-launching pada January 2009. Tapi, di tahun 2014, WhatsApp sah jadi punya Facebook sesudah lewat proses pemerolehan sepanjang delapan bulan. Pada WhatsApp, Anda bisa mengirim text, photo, audio, file dan gambar ke pemakai yang lain, menelepon, video call, dan membuat story.

Untuk memakai WhatsApp, Anda cukup lakukan register memakai nomor smartphone Anda. WhatsApp bisa digerakkan di sejumlah basis yakni Android, BlackBerry 10, BlackBerry OS, iOS, Seri 40, Windows Phone, Symbian, dan Web-Based.

Sejarah WhatsApp

pengertian whatsapp

WhatsApp Inc dibangun pada 24 Februari 2009 di Mountain View, California, United States oleh Brian Acton dan Jan Koum yang dahulu bekerja sebagai pegawai Yahoo!. Sesudah mereka tinggalkan Yahoo! pada September 2007, mereka ke Amerika Selatan untuk refreshing selanjutnya melamar ke Facebook tapi ditampik.

Pada Januari 2009, sesudah Koum beli iPhone, dia berkunjung temannya Alex Fishman di untuk mengulas kekuatan industri program App Toko. Waktu itu, Koum dengan modal $ 400.000 yang dia mengumpulkan sepanjang bekerja di Yahoo! Untuk merealisasikan gagasannya, ia pasti membutuhkan develoer iPhone.

Fishman pada akhirnya mengenalkan ke Koum, seorang developer iPhone asal Rusia yang dia dapatkan di RentACoder.com yakni Igor Solomennikov. Program yang ia bikin dinamakan “WhatsApp”. Seterusnya, dia membangun WhatsApp Inc di California pada 24 Februari 2009.

Tapi, prosesnya tidak mulus, maknanya WhatsApp sendiri kerap alami jatuh dan tidak berhasil bekerja dari yang diharap. Pada akhirnya, Koum berasa patah semangat dan punya niat tutup upayanya. Tapi, Brian Acton menggerakkan untuk selalu usaha sepanjang beberapa bulan depan. Acton sendiri pada akhirnya tergabung dengan Koum. Pada Oktober 2009, Brian Acton ajak lima bekas pegawai Yahoo! untuk melakukan investasi $ 250.000 dalam permodalan awalnya di WhatsApp dan diberi status sebagai co-founder.

Baru, pada November 2009, WhatsApp pada akhirnya sah di-launching di App Toko untuk iPhone. Sesudah sukses masuk ke App Toko, di bulan Januari 2010 WhatsApp telah masuk ke BlackBerry Toko selanjutnya pada Agustus 2010, support WhatsApp untuk Android OS telah dipertambah.

Status WhatsApp juga berbeda dari gratis jadi berbayar. Pemakai aktif WhatsApp telah capai 200 juta per Februari 2013. Jumlah itu bertambah 2x lipat di bulan Desember dan bertambah kembali jadi 500 juta di bulan April 2014. Per September 2015, pemakai aktif WhatsApp telah capai 900 juta.

Karena reputasi dan perubahan WhatsApp yang paling cepat, Facebook jadi tertarik dan ingin beli WhatsApp. Pada akhirnya WhatsApp sukses berpindah hak punya ke Facebook sesudah membeli pada harga yang fenomenal yakni $22.

Baca juga : contoh surat lamaran kerja

Fungsi dan Manfaat WhatsApp

Karena ada WhatsApp, kita bisa mengirim pesan dengan pemakai lain baik text, audio, file document, video dan foto. Tidak cuma individual chat saja, tapi kita bisa juga membuat grup chat yang berisi beberapa pemakai WhatsApp yang lain. Misalkan kita ingin membuat grup chat yang berisi bagian keluarga besar buat memudahkan komunikasi antara keluarga yang terpisah oleh jarak.

Sekarang ini, sering orang memakai WhatsApp sebagai media untuk belajar seperti pelatihan/les (baik di dalam grup chat atau individual chat), seminar dan workshop secara online. Cukup hanya membuat grup chat selanjutnya mengundang beberapa simpatisan masuk ke group karena itu kelas juga bisa diawali.

WhatsApp kerap digunakan untuk aktivitas menjalankan bisnis misalkan untuk promo, info, dan pemesanan. Beberapa pembisnis yang memakai WhatsApp bisa mempromokan usahanya secara individual dengan pemakai lain atau mungkin dengan mengirim info usahanya ke grup chat. Bila seorang tertarik sama usaha itu, mereka umumnya akan ditujukan untuk menghubungi WhatsApp pemilik usaha untuk info selanjutnya dan pemesanan.

Anda bisa share info dan informasi ke beberapa pemakai WhatsApp yang lain dengan mengirimkan ke individual chat atau grup chat.

Nach, selainnya bisa mengirim pesan, Anda dapat menelepon pemakai lain dan lakukan video call dengannya. Supaya video dan voice call Anda berjalan mulus tanpa noise, yakinkan akses internet Anda konstan.

Sama dengan Instagram, di WhatsApp Anda dapat membuat status/story yang bisa disaksikan orang rekan Anda (pemakai WhatsApp yang lain). Anda bisa masukkan text, caption, stiker dan coretan pada story dengan feature yang ada.

Anda bisa manfaatkan WhatsApp sebagai tempat perkumpulan satu komune secara online. Anda bisa tersambung dengan beberapa anggota komune yang lain hingga penebaran info dan komunikasi gampang dilaksanakan. Dengan komunikasi yang lancar diharap kegiatan komune juga bisa berjalan baik.

Kelebihan WhatsApp

Langkah Pemakaiannya Gampang

WhatsApp gampang dipakai untuk pemakai baru sekalinya. Anda cukup hanya mendaftar nomor telephone Anda supaya bisa memakai WhatsApp.

Nomor Telephone Otomatis Tersinkron

Anda tak perlu masukkan kontak rekan Anda satu demi satu ke WhatsApp karena semua nomor telephone pada handphone Anda akan automatis tersinkron dan masuk langsung ke WhatsApp. Anda cukup mencari nama rekan Anda di WhatsApp tanpa perlu menambahnya kembali.

Dapat Backup Chat/Percakapan

Bila Anda akan menukar handphone baru, Anda dapat meng-cover/menyimpan percakapan WhatsApp Anda. Dengan demikian, Anda tidak kehilangan percakapan WhatsApp Anda yang ada di handphone lama.

Memakai Jaringan Internet

Untuk dapat memakai WhatsApp, Anda memerlukan akses internet. Tentu saja langkah ini lebih irit dari pemakaian SMS yang memerlukan pulsa.

Info Pribadi bisa Disembunyikan

Anda bisa sembunyikan info pribadi Anda seperti status dan photo profile dari pemakai lain. Tidak cuma hanya itu, Anda bisa sembunyikan status last seen Anda dan read receipts Anda hingga pemakai lain tidak akan mengetahui kapan paling akhir Anda online dan apa Anda telah baca pesan mereka atau memang belum. Tetapi, perlu Anda ingat, Anda pun tidak bisa menyaksikan status last seen dan read receipts punya seseorang juga.

Kekurangan WhatsApp

Boros Paket

Berlainan dengan program messenger yang lain, bila Anda ingin menyaksikan gambar, video, atau audio yang dikirim ke Anda karena itu Anda harus download lebih dulu. Langkah ini tentu saja cukup boros karena bila Anda ingin buka photo misalkan, karena itu Anda harus download.

Memerlukan Jaringan Internet yang Cukup Stabil

Untuk dapat memakai WhatsApp Web, Anda pasti memerlukan akses internet yang lumayan stabil supaya pemakaiannya berjalan mulus. Karena bila akses internet yang Anda kurang stabil karena itu WhatsApp Web akan lamban terima responnya.

Cuman Dapat Dipakai Bila Handphone Menyala

Perlu Anda kenali jika WhatsApp Webcuman dapat digerakkan bila handphone Anda masih dalam keadaan menyala. Maka, bila handphone Anda mati karena itu Anda tidak dapat memakai WhatsApp Web, ini pasti berlainan dengan Line.

Boros Baterai

Pemakaian WhatsApp Web dalam saat yang lumayan lama akan membuat handphone Anda jadi cepat panas dan boros baterai. Berdasar hasil survey Avast 2017, WhastApp sebagai salah satunya program chatting yang boros baterai . Maka, seharusnya Anda menonaktifkan push pemberitahuan apa lagi bila banyak chat yang bakal ada.

Selain kekurangan dan kelebihan whatsapp, ada juga fitur menarik pihak ketiga yaitu download wa mod apk. Ada beberapa fitur yang tak ada di whatsapp biasanya.

Baik, mudah-mudahan ulasan berkenaan pemahaman, riwayat, peranan dan faedah, kekurangan dan kelebihan WhatsApp yang sudah diterangkan di atas berguna dan selamat mempraktikkan. Terima kasih!

Bagikan
RajaBackLink.com