Pengertian Affiliate Marketing dan Cara Kerjanya

Pengertian affiliate marketing dan cara kerjanya adalah sistem bisnis online dimana seseorang akan mempromosikan produk orang lain dari sebuah perusahaan melalui internet. Baik itu di website, blog ataupun media sosial. Setiap produk yang terjual darinya, maka affiliate marketer akan mendapat komisinya,  enak bukan?

Inilah Pengertian Affiliate Marketing dan Cara Kerjanya

Kesempatan menjual produk melalui sistem bisnis online atau digital ini cukup besar. Namun sayang masih banyak orang yang belum tahu cara kerjanya. Ada beberapa aja yang sudah tahu apa itu affiliate marketing tapi rata  – rata orang belum kenal secara umum di negeri kita tercinta, Indonesia. Simak penjelasan mengenai cara kerja tersebut.

Mendaftar Program Affiliate Market

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri pada perusahaan yang membuka program afiliasi. Namun jangan lupa memastikan bahwa produk yang akan dipromosikan memang baik dan bermutu. Hal ini akan berpengaruh pada target yang akan disasar.

Sehingga, dengan begitu seorang affiliate marketer akan mudah menjual barang dan komisi yang lebih besar. Salah  satunya dengan mendaftar program affiliate kami yang dimana komisinya sampai 50% per produk yang terjual.  Setelah mendapatkan persetujuan, pendaftaran maka seseorang akan mendapatkan link atau URL untuk kode afiliasi.

Promosikan Produk

Setelah mendapat link, maka langkah selanjutnya adalah mengcopy paste link tersebut untuk keperluan promosi atau pemasaran baik di website maupun blog pribadi. Dengan demikian, ketika ada pengunjung datang ke website atau blog dan tertarik dengan produk yang ditawarkan, akan mengklik link tersebut.

Pengunjung akan dibawa ke website produk untuk mendapatkan informasi mengenai produk yang akan dibeli. Mulai dari kegunaan produk, spesifikasinya, harga sampai kegunaannya. Umumnya pengunjung akan mendapatkan kode unik jika membelik produk yang dipromosikan.

Proses Pembayaran

Jika pengunjung serius membeli produk yang dipromosikan, maka harus melakukan transaksi pembayaran. Ada beberapa system pembayaran komisi untuk affiliate marketer setelah berhasil dalam mempromosikan produk kepada konsumen.

Bahkan jika dipelajari dengan cermat sebenarnya affiliate marketer bisa mendapatkan komisi tanpa harus membuat pengunjung membeli produk. Ada tiga system pembayaran yang wajib diketahui. Komisi untuk affiliate marketer bisa dilihat dari system pembayaran mana yang digunakan. Di bawah ini adalah jenis system pembayaran dalam affiliate marketing

Pay Per Sale

Sistem ini merupakan system pembayaran paling umum di affiliate marketing. Mekanisme pemberian komisi kepada affiliate marketer dilakukan oleh perusahaan jika produk berhasil dibeli konsumen.

Begitu pula sebaliknya, jika pengunjung tidak membeli produk, maka affiliate tidak akan mendapatkan komisi. Namun, sistem ini mau tak mengharuskan affiliate  mencari perusahaan yang siap untuk menjual produk.

Pay Per Lead

Sistem ini memiliki mekanisme yang membuat affiliate bekerja lebih ekstra. Komisi akan diberikan jika affiliate berhasil mengonkversi leads. Artinya, affiliate harus bisa membuat konsumen mengunjungi website perusahaan kemudian melakukan tindakan tertentu.

Tindakan tersebut mulai dari membuat konsumen menjadi anggota website, mencoba layanan promosi, mengunduh file dan lain-lain. Setelah pengunjung melakukan salah satu dari tindakan di atas, affiliate marketer akan mendapatkan komisi.

Par Per Click

Dibandingkan dengan yang lain, system ini lebih profitable. Tugas affiliate hanya mengajak konsumen untuk berpindah dari website affiliate menuju website perusahaan dari produk yang dipromosikan.

Affiliate marketer akan dibayar berdasarkan jumlah web traffic yang semakin bertambah. Semakin banyak konsumen yang mengunjungi website perusahaan maka komisi yang didapatkan akan semakin tinggi pula.

Jadi kesimpulannya, bagi Anda yang ingin menambah pemasukan melalui internet, affiliate marketing bisa menjadi salah satu jawabannya. Tidak salah bisa dicoba langsung melalui program Affiliate yang kami tawarkan supaya Anda segera praktek menjadi seorang Affiliate Marketer. Untungnya program ini cocok bagi newbie atau pemula yang memasuki di era dunia digital ini.

Banyak diluaran sana kalau mendaftar program Affiliate harus membeli dulu produk nya .Mengingat saat ini jumlah pengguna perangkat internet sangat banyak. Sehingga tak ada salahnya jika mencoba setelah mengetahui pengertian affiliate marketing dan cara kerjanya dari sistem bisnis online ini.

Bagikan
RajaBackLink.com