Terbaru! Buku Agama Kristen Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Sudah Rilis!

  • admin
  • Jun 11, 2023

Terbaru! Buku Agama Kristen Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Sudah Rilis!
Source www.cakguru.com

Selamat datang! Bagi kamu yang sedang mencari referensi buku Agama Kristen untuk kelas 12, kabar gembira datang dari penerbit! Buku tersebut akhirnya telah rilis dengan versi revisi 2018. Kurikulum 2013 yang telah dirombak, menjadikan konten buku lebih relevan dan up-to-date dengan kebutuhan siswa saat ini. Dalam buku Agama Kristen kelas 12 ini, kamu akan menemukan berbagai pemahaman dan pengetahuan tentang ajaran Kristen yang sangat penting untuk dipelajari. Simak informasinya lebih lengkap di artikel ini!

Materi Pengenalan Agama Kristen

Pengenalan agama Kristen menjadi salah satu tema penting yang dipelajari dalam buku agama kristen kelas 12 kurikulum 2013 revisi 2018. Di dalamnya, terdapat subtema seperti pengertian agama Kristen, sejarah, serta ajaran-ajaran dasar dalam agama Kristen.

Pengertian agama Kristen akan memberikan pemahaman kepada siswa tentang apa itu agama Kristen dan bagaimana ajarannya. Selain itu, sejarah agama Kristen juga penting untuk dipelajari karena dapat memperluas wawasan siswa mengenai bagaimana agama Kristen berkembang dari masa ke masa.

Sedangkan subtema ajaran dasar dalam agama Kristen membahas mengenai ajaran-ajaran fundamental dalam agama Kristen, seperti Tritunggal Mahakudus, Kebangkitan Kristus, dan Kedatangan Roh Kudus.

Materi Sejarah Gereja

Sejarah Gereja juga menjadi tema utama dalam buku agama Kristen kelas 12 kurikulum 2013 revisi 2018. Di dalamnya, terdapat subtema mengenai perkembangan gereja, tokoh-tokoh penting dalam sejarah gereja, hingga peran gereja dalam masyarakat.

Materi tentang tokoh-tokoh penting dalam sejarah gereja, seperti Santo Agustinus, Martin Luther, dan Yohanes Calvin, akan memberikan gambaran kepada siswa tentang bagaimana ketokohan mereka berdampak besar dalam sejarah gereja.

Peran gereja dalam masyarakat juga menjadi subtema penting dalam buku ini. Siswa akan mempelajari bagaimana gereja dapat menjadi agen perubahan dalam masyarakat dan bagaimana ajaran kristen dapat diterapkan sebagai pedoman hidup yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Tata Ibadah

Tata ibadah juga menjadi tema utama dalam buku agama kristen kelas 12 kurikulum 2013 revisi 2018. Di dalamnya, terdapat subtema seperti jenis-jenis ibadah, bahan-bahan liturgi, serta peranan umat dalam ibadah.

Subtema jenis-jenis ibadah akan memberikan pemahaman kepada siswa mengenai macam-macam ibadah yang ada dalam gereja, seperti misa, doa, dan kidung. Sementara bahan-bahan liturgi membahas mengenai perlengkapan dan alat-alat yang digunakan dalam ibadah Kristen seperti rahib, misal, dan tasbih.

Peran umat Kristen dalam ibadah juga menjadi subtema penting dalam buku ini. Siswa akan mempelajari bagaimana umat Kristen dapat berpartisipasi aktif dalam ibadah dan secara bertanggung jawab memperdalam pemahaman mereka tentang agama Kristen.

Materi Pengembangan Ketaqwaan

Pengembangan ketaqwaan menjadi tema penting dalam buku agama kristen kelas 12 kurikulum 2013 revisi 2018. Di dalamnya, terdapat subtema seperti upaya meningkatkan ketaqwaan, persekutuan hidup dalam Kristus, dan panggilan hidup sebagai umat Kristen.

Siswa akan mempelajari bagaimana upaya meningkatkan ketaqwaan melalui doa, bacaan kitab suci, dan pelayanan dapat membantu mereka tumbuh dalam iman. Selain itu, materi persekutuan hidup dalam Kristus juga membahas mengenai pentingnya memiliki komunitas yang saling mendorong dan membangun dalam pengembangan ketaqwaan.

Materi panggilan hidup sebagai umat Kristen membahas mengenai bagaimana setiap orang mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda dalam pelayanan gereja dan masyarakat serta menunjukkan pentingnya menjalani panggilan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

Perbandingan buku agama kristen kelas 12 kurikulum 2013 revisi 2018 dengan buku sebelumnya

Buku agama kristen kelas 12 kurikulum 2013 revisi 2018 dibandingkan dengan buku kelas 11

Buku agama kristen kelas 11 dan kelas 12 memiliki perbedaan dalam materi yang dipelajari. Materi yang dipelajari dalam buku agama kristen kelas 11 lebih umum dibandingkan dengan buku agama kristen kelas 12 yang lebih spesifik dan mendetail. Buku agama kristen kelas 11 lebih menekankan pada pemahaman dasar-dasar agama Kristen, sementara buku agama kristen kelas 12 lebih mendalam membahas topik-topik tertentu seperti pentingnya doa, puasa, dan peran gereja dalam masyarakat.

Selain itu, perbedaan signifikan antara buku agama kristen kelas 11 dan kelas 12 adalah buku agama kristen kelas 12 dilengkapi dengan latihan soal, halaman refleksi, dan tugas mandiri. Materi-materi tersebut diharapkan dapat membantu siswa dalam sistemati belajar dan mengembangkan pemahaman tentang agama Kristen.

Buku agama kristen kelas 12 kurikulum 2013 revisi 2018 dibandingkan dengan buku kelas sebelum revisi

Poada tahun 2018, buku agama kristen kelas 12 mengalami revisi yang signifikan. Buku agama kristen kelas 12 revisi ini hadir dengan perubahan format yang lebih mudah dipahami dan dilengkapi dengan gambar dan ilustrasi. Dengan format baru ini, diharapkan dapat membuat siswa lebih mudah dalam memahami dan mengingat materi yang diberikan.

Tidak hanya perubahan format, terdapat penambahan materi seperti sejarah dan pengembangan ketaqwaan pada buku agama kristen kelas 12 revisi. Penambahan materi ini diharapkan dapat membantu siswa memperkaya pemahaman agama Kristen dan meningkatkan ketaqwaannya.

Dalam hal ini, buku agama kristen kelas 12 revisi berhasil memperbaiki kekurangan dari versi sebelumnya yang cenderung kaku dan kurang mendetail. Dengan adanya penambahan materi dan perubahan format, diharapkan dapat membuat siswa lebih bersemangat dalam mempelajari agama Kristen dan meningkatkan pemahaman mereka tentang ajaran agama Kristen.

Ya gitu lah bro, udah keluar buku Agama Kristen Kelas 12 yang direvisi 2018 nih! Buat kalian yang lagi ngejar target lulus UN dan ujian akhir sekolah, jangan sampai ketinggalan. Yuk dukung pendidikan kita dengan rajin belajar dan memaksimalkan buku yang udah disiapkan pemerintah. Jangan lupa daftar jadi agen penjualan buku di sekolah atau toko buku terdekat ya, biar makin nyaman belajarnya dan dapat untung sampingan. Semangat belajar!