Berikut yang merupakan alasan sejarah memenuhi syarat sebagai ilmu adalah sebagai berikut, kecuali…

  • admin
  • Oct 16, 2023

Berikut yang merupakan alasan sejarah memenuhi syarat sebagai ilmu adalah sebagai berikut, kecuali...

Berikut yang merupakan alasan sejarah memenuhi syarat sebagai ilmu adalah sebagai berikut, kecuali…

  1. Penyususnan kisah secara sistematis
  2. Memiliki objek kajian yakni kejadian manusia masa lalu
  3. Kebenaran fakta diperoleh dari peneliti sumber yang disusun secara logis
  4. Adanya metode sejarah yang menghubungkan bukti-bukti sejarah
  5. Adanya unsur intuisi atau ilham sebelum memulai melakukan penulisan sejarah

Dilansir dari Ensiklopedia,jawaban yang paling benar adalah: E. Adanya unsur intuisi atau ilham sebelum memulai melakukan penulisan sejarah.

Pembahasan

Menurut kami jawaban A. Penyususnan kisah secara sistematis adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut kami jawaban B. Memiliki objek kajian yakni kejadian manusia masa lalu adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut kami jawaban C. Kebenaran fakta diperoleh dari peneliti sumber yang disusun secara logis adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut kami jawaban D. Adanya metode sejarah yang menghubungkan bukti-bukti sejarah benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Menurut kami, jawaban E. Adanya unsur intuisi atau ilham sebelum memulai melakukan penulisan sejarah adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi berada di internet.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar untuk pertanyaan Berikut yang merupakan alasan sejarah memenuhi syarat sebagai ilmu adalah sebagai berikut, kecuali… adalah E. Adanya unsur intuisi atau ilham sebelum memulai melakukan penulisan sejarah.