Kenapa Harus Memilih Beasiswa Unggulan Kemendikbud?

Beasiswa Unggulan Kemendikbud – Pemerintah kembali menjalankan darma siswa yang memiliki tujuan untuk memperkecil tingkat kesenjangan pendidikan di lingkungan masyarakat Indonesia. Salah satunya merupakan beasiswa unggulan Kemendikbud, dimana sampai saat ini terus dibuka.

Daftar Keunggulan Adanya Beasiswa dari Kemendikbud

Adanya darma siswa ini secara otomatis mampu meningkatkan kualitas dari setiap masyarakat kemudian juga mampu menciptakan sumber daya manusia yang jauh lebih unggul. Berikut ini merupakan beberapa manfaat ketika mendapatkan beasiswa unggulan Kemendikbud:

Tidak Ada Batasan Pasti Kuota Beasiswa Unggulan

Pertama, memang tidak ada batasan pasti mengenai kuota dalam penerimaan darma siswa. Karena pemerintah memiliki dana cukup besar dalam beasiswa unggulan yang telah ditentukan oleh kementerian keuangan dan balai latihan kerja luar negeri atau BLKLN.

Dengan begitu, ketika pemerintah punya dana cukup besar maka kemungkinan kuota dalam penerimaan beasiswa akan lebih bertambah.

Biaya Pendidikan Ditanggung Hingga Lulus

Seperti beasiswa pada umumnya, di mana untuk seluruh biaya pendidikan akan ditanggung oleh pemerintah. Dimulai dari uang pangkal, pembayaran SPP, biaya UKT, pembelian buku, praktikum, satuan kredit semester bahkan sampai biaya hidup akan ditanggung oleh Kemendikbud.

Biaya pendidikan tersebut akan ditanggung selama 8 semester. Jadi apabila si penerima tidak mampu menyelesaikan pendidikan sampai tepat waktu maka untuk semester selanjutnya akan ditanggung sendiri.

Beasiswa Unggulan Kemdikbud untuk Berbagai Jenjang

beasiswa unggulan kemendikbud

Daftar beasiswa unggulan yang berasal dari Kemendikbud ini telah dibuka untuk seluruh jenjang. Jadi para mahasiswa dimulai dari sastra satu, magister bahkan sampai doktor bisa mendapatkannya. Ini tentu menjadi salah satu keuntungan karena setiap orang bisa memperoleh darma tersebut.

Berlaku untuk Mahasiswa Baru dan Mahasiswa Aktif

Bukan hanya bisa didapatkan pada seluruh jenjang, tapi beasiswa ini juga dapat diperoleh oleh seluruh mahasiswa baru maupun yang masih aktif. Kemudian para maba boleh mendaftarkan diri jika diterima pada universitas dengan akreditasi B.

Sedangkan untuk surat dari mahasiswa aktif adalah, mereka masih menjalani masa perkuliahan maksimal pada semester 2 saat mendaftar. Jadi ketika sudah masuk semester 3 secara otomatis langsung didiskualifikasi oleh tim panitia.

Beasiswa Bagi Masyarakat Berprestasi

Jenis ini diberikan kepada para mahasiswa dari semua jenjang, ketika ingin mendaftarkan diri sebagai salah satu penerima maka diwajibkan punya surat dengan menerangkan telah diterima pada suatu universitas. Bukan hanya tingkat nasional tapi penerima juga bisa berasal dari internasional.

Mengenai persyaratan dalam pendaftaran harus memperoleh rekomendasi dari institusi terkait, tidak tengah mendapatkan beasiswa dari sumber lain. Kemudian terakhir adalah telah diterima pada perguruan tinggi dengan akreditasi yang bagus.

Baca juga : Langkah Menyusun Strategi Usaha Laundry

Beasiswa untuk penyandang disabilitas

Pemerintah juga memberikan perhatian khusus bagi masyarakat dengan penyandang disabilitas. Dimana mereka akan memperoleh suatu beasiswa dari Kemendikbud layaknya mahasiswa lain. Tapi juga harus melengkapi persyaratan umum untuk bisa mendapatkannya.

Syarat pertama punya surat keterangan dari dokter maupun lembaga relevan yang menerangkan sebagai penyandang disabilitas. Kemudian menandatangani surat pernyataan jika betul-betul masuk ke dalam mahasiswa berkebutuhan khusus, serta beberapa persyaratan lain.

Beasiswa Penghargaan

Program beasiswa lain dari Kemendikbud adalah penghargaan khusus  diberikan kepada anak bangsa. Di mana ia berasal dari orang tua yang sudah gugur ketika melaksanakan pengabdian terhadap negara.

Agar bisa memperoleh jenis beasiswa unggulan dari Kemendikbud ini, maka anak yang merupakan calon penerima harus diusulkan oleh pejabat setingkat. Contohnya saja seperti kepala staf tentara Nasional Indonesia

Itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda tentang beasiswa unggulan Kemendikbud. Jika Anda merupakan salah satu mencari darma siswa, maka bisa memilih jenis ini dan patuhi segala persyaratan ataupun ketentuannya.

Bagikan