Inilah Alamat Pengadilan Agama Medan yang Wajib Kamu Tahu!

  • admin
  • Jun 11, 2023

Inilah Alamat Pengadilan Agama Medan yang Wajib Kamu Tahu!
Source primaberita.com

Hai, semua! Tentu saja, bagi sebagian orang, mendatangi pengadilan adalah urusan yang tidak menyenangkan. Namun, ketika Anda harus mengurus segala masalah keagamaan, pengadilan agama mungkin merupakan tempat terbaik untuk mencari solusi hukum. Bagi Anda yang berada di Medan atau sekitarnya, kami akan memberitahu Anda mengenai alamat pengadilan agama Medan yang wajib Anda ketahui!

Alamat Pengadilan Agama Medan

Pengadilan Agama Medan berlokasi di Jalan Letjend Jamin Ginting Nomor 174 A, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara. Lokasinya strategis dan mudah dijangkau dari berbagai wilayah di Kota Medan.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, dapat menempuh jarak kurang lebih 15 menit dari stasiun kereta api Medan dan kurang lebih 30 menit dari Bandara Internasional Kualanamu. Namun, jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat menggunakan angkutan roda dua dan empat dan berhenti di depan kompleks Pengadilan Agama Medan.

Sejarah Pendirian Pengadilan Agama Medan

Pengadilan Agama Medan merupakan cabang dari Pengadilan Agama Jakarta yang didirikan pada tahun 1957. Awalnya, Pengadilan Agama Medan hanya menangani kasus perkawinan. Namun, pada tahun 1964, Pengadilan Agama Medan mulai mengatur penyelesaian sengketa ekonomi syariah.

Seiring perkembangan zaman dan meningkatnya jumlah penduduk di Kota Medan, Pengadilan Agama Medan terus mengalami perkembangan. Pengadilan Agama Medan kini memiliki sejumlah ruangan persidangan yang dilengkapi dengan teknologi terkini untuk mendukung jalannya proses persidangan.

Pengadilan Agama Medan juga memiliki Gedung Khusus Persidangan Anak, yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan hukum anak secara khusus. Selain itu, Pengadilan Agama Medan juga memiliki layanan Posbakum (Pusat Bantuan Hukum) untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam mengakses pengadilan.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai lembaga peradilan, Pengadilan Agama Medan senantiasa mengutamakan profesionalitas dan kualitas pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Pengadilan Agama Medan juga senantiasa berkomitmen menjaga independensi dalam setiap proses persidangan yang dilakukan.

Demikianlah artikel tentang alamat Pengadilan Agama Medan dan sejarah pendiriannya. Pengadilan Agama Medan senantiasa siap membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan hukum yang bersifat ekonomi syariah maupun perkawinan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar Pengadilan Agama Medan.

Sejarah Pengadilan Agama Medan

Pengadilan Agama Medan didirikan pada tahun 1964 dan saat itu masih berada di bawah naungan Pengadilan Negeri Medan. Namun, pada tahun 1974, Pengadilan Agama Medan dimekarkan menjadi lembaga hukum yang mandiri dan secara langsung berada di bawah naungan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, Pengadilan Agama Medan kini telah menjadi lembaga hukum yang sangat penting di kota Medan dan Sumatera Utara secara umum.

Fungsi dan Peran Pengadilan Agama Medan

Pengadilan Agama Medan berfungsi sebagai lembaga pengadilan dalam menyelenggarakan perkara perdata dan pidana dalam bidang hukum Islam serta menangani permohonan akta cerai secara resmi. Selain itu, Pengadilan Agama Medan juga memiliki peran dalam melaksanakan tugas-tugas lain yang ditetapkan oleh peraturan perundangan-undangan terkait dengan hukum Islam.

Sebagai sebuah lembaga hukum, Pengadilan Agama Medan memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam menjaga keadilan dan memberikan perlindungan hukum bagi masyarakat. Oleh karena itu, Pengadilan Agama Medan selalu berusaha untuk menjaga integritas dan profesionalitas dalam memberikan keputusan hukum bagi setiap pihak yang berada dalam persidangan di Pengadilan Agama Medan.

Layanan yang Diberikan oleh Pengadilan Agama Medan

Pengadilan Agama Medan memberikan layanan bagi masyarakat dalam rangka menyelesaikan masalah dalam bidang hukum Islam. Beberapa layanan yang dapat diberikan oleh Pengadilan Agama Medan di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan perkara perdata dan pidana dalam bidang hukum Islam.
  2. Pemberian bantuan hukum bagi masyarakat yang kurang mampu.
  3. Penyelesaian permohonan akta cerai secara resmi.
  4. Penyelesaian sengketa waris dan hibah dalam bidang hukum Islam.
  5. Pengesahan pernikahan beda agama.


Layanan-layanan tersebut diberikan oleh Pengadilan Agama Medan dengan tujuan untuk memberikan akses keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya dalam hal penyelesaian masalah dalam bidang hukum Islam.

Fasilitas di Pengadilan Agama Medan

Pengadilan Agama Medan menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk melayani masyarakat, seperti:

  1. Ruang sidang yang nyaman dan lengkap dengan peralatan untuk menjalankan proses persidangan
  2. Pusat informasi hukum Islam untuk memberikan akses informasi bagi masyarakat yang membutuhkan
  3. Tempat parkir kendaraan yang luas dan mudah diakses
  4. Pelayanan administrasi terkait dengan pengajuan permohonan dan pengambilan dokumen hukum

Dengan tersedianya fasilitas yang memadai, Pengadilan Agama Medan berusaha untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan menghadiri persidangan maupun menggunakan layanan lain yang tersedia di Pengadilan Agama Medan.

Kontak Pengadilan Agama Medan

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai Pengadilan Agama Medan atau memiliki pertanyaan terkait dengan layanan yang disediakan oleh Pengadilan Agama Medan, Anda dapat menghubungi contact center Pengadilan Agama Medan di nomor telepon (061) 4520664 atau mengunjungi situs web resmi Pengadilan Agama Medan di www.pa-medan.go.id.

Alamat Pengadilan Agama Medan

Pengadilan Agama Medan merupakan lembaga peradilan yang bertugas menangani perkara-perkara tentang hukum keluarga Islam di wilayah Sumatera Utara. Alamat pengadilan ini terletak di Jalan Gaharu No. 7, Kelurahan Tanjung Rejo, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara. Pengadilan Agama Medan berada di belakang Masjid Raya Medan dan bersebelahan dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Medan Timur.

Layanan Proses Perkawinan

Ketika ingin menikah dalam adat Islam, maka salah satu yang harus dipenuhi adalah membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Surat Keterangan Sehat (SKS). Setelah itu, calon pengantin harus mengajukan permohonan pendaftaran nikah secara online ke Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama. Selanjutnya, calon pengantin harus mengurus dokumen-dokumen lainnya seperti Akta Kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Izin Orang Tua.

Selanjutnya, dokumen-dokumen tersebut harus difotokopi dan dilampirkan pada saat pengajuan pendaftaran nikah ke Pengadilan Agama Medan. Setelah dokumen tersebut diverifikasi oleh petugas, maka tanggal pelaksanaan nikah bisa diatur.

Layanan Obyek Sengketa Ekonomi Syariah

Selain layanan pernikahan, Pengadilan Agama Medan juga menangani sengketa ekonomi syariah. Seringkali, terdapat perselisihan mengenai kontrak musyawarah atau harta waris yang membutuhkan penyelesaian oleh pengadilan. Melalui pengadilan agama, masyarakat dapat memperoleh keadilan dan menyelesaikan permasalahan hukum syariah secara cepat dan efektif.

Layanan Pengukuhan Akta Nikah

Setelah menikah, calon pengantin harus mengurus proses pengukuhan akta nikah di Pengadilan Agama Medan. Pengukuhan ini diperlukan untuk mengakui pernikahan secara sah di hadapan hukum dan menjadi syarat penting untuk pengurusan dokumen-dokumen lainnya seperti pembuatan paspor dan KTP berubah status.

Untuk mengurus pengukuhan akta nikah, calon pengantin harus membawa Surat Nikah dari KUA dan fotokopi dokumen penting seperti KTP, serta bukti bayar biaya pengukuhan. Setelah diverifikasi oleh petugas, akta nikah resmi akan terbit dan dapat diambil di loket pengambilan dokumen di Pengadilan Agama Medan.

Secara keseluruhan, Pengadilan Agama Medan merupakan lembaga yang penting dalam penegakan hukum keluarga Islam di wilayah Sumatera Utara. Dengan adanya berbagai jenis layanan yang ditawarkan, diharapkan masyarakat dapat memperoleh keadilan dan penyelesaian sengketa hukum syariah yang berkeadilan.

Oke, itu dia nih lokasi Pengadilan Agama Medan yang harus kamu tahu kalau memang kamu sedang membutuhkannya. Jangan sampai salah alamat ataupun terlambat datang!’ Karena ini adalah institusi hukum yang sangat penting bagi kita semua. Yuk, jangan takut untuk melaporkan masalah ke agama karena pastinya akan membuka peluang keadilan. Jangan lupa untuk baca terus artikel-artikel seru seputar Medan di situs kami ya!